Toronto (ANTARA News) - Film "The Imitation Game" film biografi tentang matematikawan Inggris dan  pemecah sandi pada Perang Dunia II,  Alan Turing, meraih penghargaan utama di Festival Film Internasional Toronto , Minggu (14/9).

Film yang dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai Turing, meraih penghargaan Groslch People's Choice sebagai film terbaik pada festival yang berlangsung untuk ke-39 kali itu.

Noah Segal, yang menerima penghargaan itu atas nama sutradara Morten Tyldum, mengatakan dengan sangat singkat , "Yummy, lezat."

Ucapan itu meniru komentar penonton terhadap  Cumberbatch saat sesi tanya-jawab sehabis pemutaran film.

"Itu mengerikan, tapi benar," kata Segal.

Penghargaan yang penilaiannya dilakukan oleh penonton itu, telah mengantarkan pemenang-pemenang sebelumnya menjadi pemenang piala Oscar, misalnya  "Slumdog Millionaire," dan  "12 Years a Slave".

Dalam film ini, Turing adalah matematikawan brilian yang memecahkan sandi Enigma, yang membantu  mengakhiri Perang Dunia II.

Dia bunuh diri  pada  usia  41 tahun setelah dijatuhi hukuman karena homoseksual.

Cumberbatch, salah satu yang paling dicari aktor dalam film dan televisi, langsung bersedia menjadi Turing saat ditawari peran itu.

"Ada beban besar, sebuah tanggung jawab ," kata Cumberbatch (38).

"Ini adalah orang yang luar biasa dan sayangnya, aneh, prestasinya tidak dikenal orang."

Posisi runner-up ditempati oleh "Learning to Drive".film ini tentang seorang penulis, dimainkan oleh Patricia Clarkson, yang menemukan kenyamanan bersama instruktur pengemudi turunan Sikh, dimainkan oleh Ben Kingsley.

"St Vincent," dibintangi Bill Murray,  menduduki posisi runner-up kedua.

Pemilih terbanyak untuk film terfavorit  adalah "What We Do in the Shadows"  dokumentasi parodi tentang vampir yang tinggal di pinggiran kota Selandia Baru.

"Saya ingin menggunakan forum ini untuk menyampaikan hal serius: olahraga menjijikkan berburu vampir ," kata sutradara sekaligus pemain film, Jemaine Clement.

Pemilih terbanyak untuk film dokumenter yaitu "Beats of the Antonov," film  yang menyoroti pengungsi dari Blue Nile dan Pegunungan Nuba di Sudan.

Penerjemah : Intan Umbari P

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014