Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-23 dibawah asuhan Aji Santoso pesta gol 7-0 ke gawang Timor Leste pada pertandingan perdana Grup E Asian Games 2014 di Goyang Stadium, Incheon, Korea Selatan, Senin.

Ferdinand Sinaga berdasarkan data tim media PSSI bisa dikatakan sebagai bintang lapangan karena mampu mengemas empat gol. Pemain Persib Bandung ini mampu menciptakan gol dengan mudah pada menit lima, menit sembilan, menit 35 dan menit 83.

Sedangkan tiga gol lainnya dicetak oleh Alfin Tuasalamony melalui titik pinalti pada menit 78 setelah salah satu remain Timor Leste handball. Selanjutnya oleh Novri Setiawan pada menit 81 dan Fandi Eko Utomo menit 86.

Hasil pertandingan pertama ini bisa dikatakan cukup fantastis karena selama ini Timnas Garuda Muda belum maksimal selama menjalani pemusatan latihan. Kemenangan ini bisa dijadikan modal menjalani pertandingan kedua melawan Maladewa (18/9).

Pada pertandingan melawan Timor Leste, Timnas Garuda Muda bermain dengan tenang. Formasi serangan dimotori oleh Ramdani Lestaluhu dilini tengah berjalan dengan baik. Apalagi ditopang oleh Bayu Gatra yang mempunyai kecepatan.

Peran Bayu Gatra terlihat cukup dominan setelah terlibat dalam tercitpanya gol pertama lewat Ferdinand Sinaga. Umpan terukur pemain Putra Samarinda bisa diteruskan dengan baik termasuk menjadi arsitek terciptanya gol kedua.

Timor Leste sebenarnya juga mendapatkan banyak peluang untuk menciptakan gol. Hanya saja solidnya pertahanan Timnas Garuda Muda yang dimotori oleh Victor Igbonefo mampu menahan gempuran dari Santos Fernandez dan kawan-kawan.

Mampu unggul cepat 2-0, anak asuh Aji Santoso tidak mengendurkan tekanan. Kombinasi yang bagus antara pemain muda dan senior akhirnya mampu membuahkan hasil setelah Ferdinand Sinaga mampu mencetak gol ketiganya. Kedudukan 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Kedigdayaan timnas juga terlihat pada babak kedua. Meski sempat tertekan diawal babak kedua, Andritany dan kawan-kawan mampu lepas dari tekanan. Akhirnya empat gol tercipta pada paruh waktu kedua dan seluruhnya melalui permainan yang terskema dengan bagus.

Dengan kemenangan ini, Timnas Garuda Muda membuka peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Hanya saja demi mengamankan posisi harus mampu mengalahkan Maladewa dan Thailand (22/9).

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014