...ia akan bekerja keras untuk menerima tanggung jawab dengan mengetahui bahwa ia didatangkan kemari untuk pekerjaan mengkreasikan dan mencetak gol-gol dan bekerja keras."
London (ANTARA News) - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers meyakini Mario Balotelli memiliki pengalaman yang diperlukan untuk memimpin lini depan ketika mereka kembali bertarung di Liga Champions untuk pertama kalinya dalam lima tahun di Anfield, Selasa.

Penyerang Italia Balotelli berpeluang menjadi penyerang senior di tim Liverpool, di mana Daniel Sturridge akan absen setidaknya sampai dua pekan lagi karena mengalami cedera paha, lapor AFP.

Balotelli, yang didatangkan dengan transfer sebesar 16 juta pound dari AC Milan, merupakan salah satu pemain Liverpool dengan pengalaman paling banyak di Eropa menjelang pertandingan pembukaan Grup B mereka melawan juara Bulgaria Ludogorets Razgrad.

Pemain 24 tahun itu gagal mencetak gol pada dua penampilan perdananya untuk Liverpool, namun pertandingan Selasa menyediakan kesempatan ideal bagi mantan penyerang Manchester City itu untuk menjadi arena tinggal landas bagi kariernya di Anfield.

"Waktu akan berbicara. Anak itu baru membuka pintu," kata Rodgers pada Senin.

"Para pemain terbaik menikmati kesempatan itu dan saya yakin itu merupakan salah satu yang dinikmatinya, namun pada lapangan latihan ia akan bekerja keras untuk menerima tanggung jawab dengan mengetahui bahwa ia didatangkan kemari untuk pekerjaan mengkreasikan dan mencetak gol-gol dan bekerja keras."

"Ia tidak beruntung saat sakit pada pekan lalu, dan itu merupakan satu-satunya pagi pada pertandingan (Sabtu saat Si Merah kalah dari Aston Villa di Liga Utama Inggris) di mana ia mendeklarasikan dirinya bugar untuk bermain, yang memperlihatkan ia benar-benar ingin keluar dan bermain di sini."

"Ia juga memiliki pengalaman. Ia dapat diperdebatkan sebagai salah satu pemain paling berpengalaman yang kami miliki terkiat kompetisi ini dan kaliber internasional dan di level klub."


Kurva Belajar

Baloteli menerima akibat dari perlakuan keras dua bek Villa Philippe Senderos dan Alan Hutton, namun Rodgers tidak mengharapkan sang pemain menjadi satu-satunya yang mendapat perlindungan di kancah Eropa.

"Kami mengharapkan wasit melindungi semua pemain kami, bukan hanya Mario," kata pelatih Liverpool itu.

"Ini merupakan permainan pria. Ini merupakan permainan kompetitif namun jika itu melampaui batas, ketika ia tidak terlibat dalam memanasnya situasi, maka kami akan mengharapkan wasit dan para ofisial untuk memantaunya," tambah pria asal Irlandia Utara itu.

"Namun tidak ada keluhan-keluhan untuk saya. Sepak bola merupakan hal yang kompetitif dan kuat dan kami meminta para pemain untuk berada di tim kami, serta bersikap adil saat kami bekerja."

Balotelli telah menjalani 29 pertandingan Liga Champions, yang membuatnya hanya tertinggal dari Steven Gerrard (67 pertandingan) dan Kolo Toure (62 pertandingan) di antara seluruh pemain Liverpool, dan telah mencetak tujuh gol.

Hanya Gerrard yang tersisa dari tim berisi 18 pemain yang tampil pada pertandingan terakhir Liverpool di Liga Champions, saat mereka kalah 1-2 dari Fiorentina pada Desember 2009.

"Tentu saja itu adalah kurva belajar namun itu adalah salah satu yang menggembirakan kami," kata Rodgers.

"Steven memiliki rekor hebat di kompetisi ini, ia merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub dengan 28 gol dan kami memiliki pemain-pemain lain yang memiliki pengalaman."

"Kami memiliki tim yang sangat muda dan mereka akan mendapatkan pengalaman - ini adalah mengenai memberanikan diri. Tentu saja tidak ada rasa takut terhadap kompetisi."

Liverpool telah dimahkotai sebagai juara Eropa dalam lima kesempatan, namun Rodgers memiliki tujuan yang lebih sederhana untuk kompetisi musim ini.

"Saya pikir sukses adalah mengenai lolos dari grup. Kami akan menjalani satu demi satu pertandingan: kami berada di kandang pada pertandingan pertama kami dan kami bertujuan untuk tampil bagus dan mendapatkan tiga angka, namun kami akan menghormati mereka sebagaimana jika kami bermain melawan Real Madrid."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014