Jakarta (ANTARA News) - Google mengatakan tengah menghadapi tekanan yang meningkat dari pemerintah di seluruh dunia untuk memberikan informasi pengguna dalam investigasi kriminal yang sedang berlangsung.

Jumlah permintaan meningkat 15 persen pada semester pertama tahun ini dan 150 persen dalam lima tahun terakhir, perusahaan tersebut mengatakan dalam laporan transparansi semi-tahunan, seperti ditulis Reuters.

Di Amerika Serikat, permintaan untuk informasi pengguna melonjak 19 persen dalam enam bulan pertama 2014 dan lebih dari tiga kali lipat sejak tahun 2009, ketika mulai menerbitkan laporan.

Presiden Barack Obama meminta Kongres pada bulan Januari untuk mengendalikan koleksi massal dan penyimpanan catatan jutaan panggilan telepon domestik AS setelah pemberitahuan tahun lalu oleh mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional, Edward Snowden.

Banyak perusahaan teknologi Amerika juga telah meminta perubahan setelah melihat banyak pemerintah negara asing yang khawatir bisnis internasional mereka akan mengumpulkan data mereka dan menyerahkannya kepada agen mata-mata AS.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014