Jakarta (ANTARA News) - Fujitsu Indonesia memberikan dua jenis layanan dalam sistem SPATIOWL yang ditujukan untuk mengatasi tantangan transportasi Indonesia, yaitu platform-provisioning service dan task-oriented service.

Country Head Application Service Fujitsu Indonesia Made Sudharma di Jakarta mengatakan platform-provisioning service memanfaatkan probe data yang dihasilkan dari kendaraan bergerak serta data lokasi berskala besar yang didapatkan dari beragam jenis sensor.

"Data berlimpah itu dianalisis secara real time lalu diantarkan melalui komputasi 'cloud' sebagai berbagai kumpulan fungsi yang saling terkait dengan data eksternal," katanya.

Hal itu menurut dia membawa banyak peluang seperti bagi perusahaan dapat membangun layanan sesuai kebutuhan serta mendukung mengolah berbagai macam data berbasis lokasi dan mendukung reportasi informasi lalu lintas secara real time.

Sementara itu layanan task-oriented services merupakan layanan spesial yang menawarkan pengumpulan data dan analisisnya yang dilakukan Fujitsu dan pengadaptasian data untuk berbagai tujuan sesuai kebutuhan.

"Layanan ini menawarkan penyediaan informasi lalu lintas dan layanan dukungan perutean bagi kendaraan komersial, dan layanan akses probe data yang meliputi layanan data serta perkiraan lalu lintas serta layanan analisis kondisi perutean," ujarnya.

Made mengatakan Fujitsu selalin memberikaan layanan pengelolaan urban, juga menawarkan layanan telematika meliputi layanan informasi bergerak yaitu Commercial Vehicle Telematics Service dan layanan pemrosesan suara.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014