Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Indonesia U-19 menyerah atas tim junior juara Liga Spanyol Atletico Madrid B 1-2 dalam pertandingan yang digelar di lapangan Campus De Verano, Ciudad Deportiva Atletico De Madrid, Madrid, Spanyol.

Gol tunggal Paulo Sitanggang di menit ke-17 untuk Indonesia dibalas Atletico melalui Zubi di menit ke-23 dan Ian Gonzalez di menit ke-65.

Berdasarkan pengamatan Antara melaui siaran langsung yang disiarkan SCTV, Selasa malam, Atletico Madrid B mendominasi 10 menit awal pertandingan, namun sesudahnya Indonesia bisa mengimbangi dan menampilkan pertandingan yang seimbang dan saling serang.

Peluang pertama Indonesia pada pertandingan tersebut didapatkan dari Muchlis Hadi di menit 9, namun tembakannya dapat diamankan penjaga gawang Atletico Madrid B, Bernabe Barraban.

Satu menit setelahnya, Atletico balas menyerang, Borja Galan melakukan tembakan ke pojok kiri bawah gawang Indonesia, namun kiper Ravi Murdianto dengan sigap berhasil menepisnya.

Peluang emas kembali dicatatkan oleh Indonesia melalui Ilham Udin pada menit 11 yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Barraban, namun tendangannya melebar.

Paulo Sitanggang akhirnya merubah skor menjadi 1-0 untuk Indonesia pada menit ke-17 dengan tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti.

Gol tersebut berawal dari tendangan yang di lakukan Maldini Pali dari sisi kiri pertahanan Atletico namun berhasil diblok pemain bertahan, bola muntah kemudian disambar Paulo dengan tendangan spekulasi yang meluncur deras ke pojok kanan atas gawang atletico tanpa mampu dihadang Barraban.

Namun tidak bertahan lama, di menit 23 Atletico berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Zubi yang tidak terkawal menerima umpan tarik Ian Gonzalez dari sisi kanan gawang Indonesia dengan leluasa menaklukkan Ravi.

Indonesia membuka peluang babak kedua melalui Hardianto di menit 49 namun tendangan keras jarak jauhnya tipis melayang di atas gawang Atletico

Asik menyerang Indonesia justru kebobolan oleh Ian Gonzalez di menit 65 yang merubah skor menjadi 2-1 untuk Atletico. Menyambut crossing dari Youmba, Gonzalez yang berhasil lepas dari kawalan Hansamu Yama dengan leluasa menanduk bola masuk ke gawang Indonesia.

Dalam posisi tertinggal, pelatih Indra Sjafri melakukan sejumlah pergantian pemain. Dimas Drajad masuk menggantikan Muchlis Hadi, sementara Yabes Roni dan Ichsan Kurniawan masuk menggantikan Maldini Pali dan Hardianto.

Di waktu tersisa Indonesia terus melakukan tekanan, tendangan spekulasi Evan Dimas di menit 83 melambung jauh di atas gawang Atletico.

Hingga berakhirnya pertandingan skor tidak berubah dan Indonesia harus mengakui keunggulan Atletico Madrid B.(*)

Pewarta: Akbar Nugroho Gumay
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014