Kolaka (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara,  memberikan bantuan biaya transportasi lokal bagi jamaah calon haji di daerah itu sebesar Rp1,7 juta per orang.

Wakil Bupati Muhammad Jayadin yang dikonfirmasi, Selasa, menjelaskan bantuan biaya yang diberikan pemda kepada calon haji digunakan untuk biaya transportasi baik keberangkatan maupun pemulangan jamaah haji.

"Bantuan trasportasi ini mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya disubsidi sebesar satu juta rupiah," katanya.

Kenaikan biaya subsidi pemerintah ke calon haji tahun ini, kata dia, karena biaya transportasi lokal khususnya tiket pesawat dari Kolaka menuju embarkasi Makassar mengalami kenaikan.

Semua transportasi lokal, kata Jayadin, ditanggung oleh Pemerintah Daerah agar calon jamaah haji bisa melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci dengan tenang dan tidak terbebani lagi oleh biaya trasportasi lainnya saat pulang ke Tanah Air.

"Yang pasti semua biaya trasportasi lokal baik keberangkatan maupun kepulangan dibiayai oleh Pemda," ungkapnya.

Untuk diketahui jamaah calon haji Kolaka yang akan berangkat ke Tanah Suci berjumlah 409 orang dengan menggunakan dua kelompok terbang (kloter) yakni kloter 22 dan 24.

" Rencananya pada 23 September kami akan melepas pemberangkatan calon haji menuju embarkasi Makassar dengan menggunakan angkutan udara," jelas Jayadin.

Pewarta: Darwis sarkani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014