Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta agar seluruh pembangunan infrastruktur dipercepat terkait rencana penyelenggaraan Asian Games pada 2018.

"Tahun 2018 kita menjadi tuan rumah Asian Games. Oleh karena itu, saya berharap semua infrastruktur pendukungnya sudah siap," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, pelaksanaan kompetisi olah raga internasional tingkat Asia tersebut bukan hanya di Jakarta, tetapi juga beberapa provinsi lain di Indonesia.

"Nanti bukan hanya di Jakarta, tetapi juga di Jawa Barat, Banten dan Sumatera Selatan. Makanya, pembangunan infrastrukturnya harus dipercepat," ujar Ahok.

Dia menuturkan khusus untuk wilayah DKI Jakarta, pembangunan venue atau lokasi pelaksanaan pertandingan cabang-cabang olah raga itu akan dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Taman Bersih, Manusiawi, Wibawa (BMW).

"Kemudian, kita juga melakukan pembangunan di kawasan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pokoknya, lokasi-lokasi itu akan kita lakukan rehab total, sehingga benar-benar siap untuk Asian Games," tutur Ahok.

Dia mengungkapkan Asian Games pada tahun ini dilaksanakan di Kota Incheon, Korea Selatan. Puluhan ribu atlet dari berbagai negara di Asia pun mendatangi negara tersebut untuk mengikuti kompetisi olah raga itu.

"Oleh sebab itu, kita harus pelajari bagaimana tuan rumah saat ini (Korea Selatan) menyelenggarakan kompetisi itu. Sementara itu pula, kita harus siap-siap juga dengan infrastruktur di Kota Jakarta," ungkap Ahok.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014