Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) berusaha meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dengan menyediakan aplikasi informasi bencana berbasis Android yang disebut Mobile Rapid Assessment (MRA).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat PMI Pusat Aulia Arriani mengatakan aplikasi itu akan menampilkan informasi seperti laporan kejadian bencana alam.

"Hal-hal yang bisa didapat oleh pengguna publik yaitu melihat dampak bencana terhadap korban dan infrastruktur atau bangunan," katanya kepada Antara di kantor PMI Pusat, Jakarta, Rabu.

Aplikasi itu, lanjut dia, juga bisa digunakan untuk melihat alamat dan kondisi posko pengungsian, kebutuhan bantuan pengungsi, foto kejadian bencana dan informasi pendaftaran anggota.

Ia mengatakan PMI akan meluncurkan penggunaan aplikasi itu pada Oktober 2014 dan berharap MRA bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membantu antisipasi dan penanganan bencana.

"Dengan MRA ini, masyarakat juga dilatih tanggap terhadap bencana serta siap ketika terjadi bencana," katanya.

Kehadiran aplikasi untuk telepon pintar itu, Aulia mengatakan, juga memungkinkan masyarakat menjadi bagian dari pemberi pertolongan pertama ketika terjadi bencana.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014