Sidoarjo (ANTARA News) - Pemain gelandang Pelita Bandung Raya Dedi Hartono harus mengubur impiannya memperkuat Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2014, seiring cedera punggung yang memaksanya harus terdepak dari tim asuhan Aflred Riedl itu.

"Cedera punggung yang dialami Dedi lumayan serius dan dia harus istirahat sekitar dua hingga tiga pekan untuk penyembuhan. Kami terpaksa memulangkan dia ke klubnya dan mencari pemain lain," kata Alfred Riedl saat ditemui wartawan usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu.

Dedi Hartono mendapatkan cedera ketika turun memperkuat Timnas Garuda pada laga uji coba melawan Timnas Malaysia di Sidoarjo, Minggu (14/9). Pada laga itu, Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0.

Dari hasil pemeriksaan tim medis timnas, cedera yang dialami Dedi Hartono lumayan serius dan harus istirahat sekitar dua hingga tiga pekan untuk penyembuhan. Kondisi itu membuat Alfred Riedl tidak memiliki pilihan kecuali memulangkan Dedi Hartono dan mencari pemain lain yang kondisinya lebih siap.

Alfred Riedl tinggal memiliki sekitar satu bulan untuk menyiapkan tim menghadapi Piala AFF 2014 yang digelar mulai akhir Oktober hingga November mendatang di Vietnam dan Singapura.

Sebagai gantinya, pelatih asal Austria itu telah memanggil pemain asal Persiram Raja Ampat, Papua, Steven Anderson Imbiri, untuk segera bergabung dengan rekan-rekannya di Sidoarjo.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BTN (Badan Tim Nasional) untuk menghubungi pihak Persiram maupun Steven. Saya berharap dia bisa secepatnya bergabung dengan tim," tambahnya.

Selain Dedi Hartono, sebenarnya ada tiga pemain lain yang juga sedang mengalami cedera, yakni Raphael Maitimo, Hariono dan M Roby. Namun, Alfred Riedl masih mempertahankan ketiga pemain tersebut dengan pertimbangan cederanya tidak terlalu parah.

Pada sesi latihan Rabu, Maitimo dan Hariono tampak menjalani terapi penyembuhan di pinggir lapangan dengan pengawasan dokter tim. Sedangkan M Roby harus istirahat setelah mendapatkan perawatan pada engkel kaki kirinya.

Setelah melawan Malaysia, Timnas Garuda masih mengagendakan beberapa laga uji coba lagi untuk memantapkan persiapan. Namun, hingga kini belum diketahui calon lawan yang dihadapi Ahmad Bustomi dan kawan-kawan.

"Soal siapa lawan uji coba berikutnya, kami masih menunggu konfirmasi dari BTN PSSI," kata Alfred Riedl.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014