Bogor (ANTARA News) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menunaikan ibadah haji bersama 307 calon haji warga Bogor lainnya yang tergabung dalam kelompok terbang 51 asal pemberangkatan Kota Bogor.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor M Sanuki, Rabu mengatakan tidak ada tugas khusus yang diembakan kepada Wali Kota Bogor selama menunaikan ibadah haji.

Keberangakatan Wali Kota yang didamping istri Yane Adrian dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Kepala Kantor Kementerian Agama M Sanuki dan pejabat lainnya, di Mesjid Raya, Rabu.

"Wali Kota berangkat haji khusus untuk beribadah, tidak ada tugas khusus yang diemban selama di Tanah Suci. Tetapi kami percaya wali kota pasti akan mendamping warganya yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji bersama wali kota," kata Sanuki.

Sanuki mengatakan, tentunya selama musim haji berlangsung pihak akan berkoodinasi dengan wali kota terutama terkait kondisi di Tanah Suci dan juga kondisi warga Kota Bogor.

Menurut Sanuki tugas mendampingi calon haji sudah diemban oleh ketua rombongan maupun petugas haji dari Kementerian Agama.

Sanuki menyebutkan, total calon haji asal Kota Bogor sebanyak 750 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang yakni kloter 20 sebanyak 444 orang dan kloter 51 sebanyak 307 orang.

Calon haji kloter 20 telah diberangkatan pada Senin (8/9) lalu, saat ini sudah berada di Tanah Suci. Keberangkatan kedua untuk kloter 51 berjumlah 307 orang, termasuk Wali Kota Bogor dan istri.

"Kloter 51 ini akan lepas menuju embarkasi haji Bekasi. Karena ini keberangkatan gelombang kedua, maka seluruh calon haji akan diberangkatan ke Jeddah pada esok hari (Kamis-red) pada pukul 17.00 WIB," kata Sanuki.

Dikatakannya, kondisi calon haji Kota Bogor dalam keadaan sehat termasuk yang telah lebih dulu berada di Makkah. Belum ada laporan calon haji yang sakit maupun meninggal dunia.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014