London (ANTARA News) - Pasar-pasar saham utama Eropa dibuka sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan Kamis, dengan semua mata tertuju pada referendum kemerdekaan Skotlandia, dan setelah Fed menginspirasi kenaikan di Wall Street.

Dalam pembukaan transaksi, indeks acuan FTSE 100 di London naik hanya 0,01 persen pada 6.781,84 poin, sekitar satu jam setelah Skotlandia memulai pemungutan suara.

Indeks DAX 30 di Frankfurt bertambah 0,43 persen menjadi 9.703,10 poin dan indeks CAC 40 di Paris naik 0,20 persen menjadi berdiri di 4.440,33 poin dibandingkan dengan penutupan pada Rabu.

AFP melaporkan Wall Street telah menguat ke rekor baru pada Rabu, setelah Federal Reserve AS mempertahankan rencana "lambat tapi mantap" untuk mengetatkan kebijakan moneternya.

"Pasar telah dibuka sementara lebih tinggi pagi ini mengikuti kenaikan di AS karena Federal Reserve berjanji untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk apa yang mereka istilahkan pada waktu yang cukup," kata Andy McLevey, kepala transaksi di perusahaan pialang Interactive Investor.

"Setiap kenaikan kemungkinan akan diredam karena rakyat Skotlandia pergi ke jajak pendapat untuk menentukan apakah mereka akan memilih kemerdekaan atau tetap menjadi bagian dari Inggris."

"Sampai hasilnya diketahui besok pagi banyak investor akan duduk di pinggir lapangan."

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014