Jakarta (ANTARA News) - Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan truk yang didesain untuk pengusaha kuliner atau food truck, mengantisipasi pertumbuhan permintaan kendaraan komersial.

"Kami menampilkan tujuh unit kendaraan komersial dengan berbagai fitur terbaru dari Dyna, HiAce, dan Hilux termasuk truk yang didesain untuk pengusaha kuliner," kata Direktur Pemasaran PT TAM Rachmat Samulo di arena IIMS 2014 di JIExpo Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, saat ini pasar komersial masih sekitar 30 persen dari total market, namun potensinya akan lebih besar karena peluang untuk memacu pertumbuhan ekonomi sangat terbuka.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan kendaraan komersial sampai Agustus 2014 sebanyak 207.720 unit atau 25 persen dari total penjualan mobil secara nasional yaitu 830.398 unit.

Angka itu lebih rendah dibanding periode yang sama tahun 2013 yang sebanyak 213.221 unit. Penurunan tersebut menurut Rachmat karena pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini yang diperkirakan hanya 5,2 persen.

"Kami harap pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa meningkat di atas 6 persen sehingga pasar komersial ikut tumbuh," ujarnya.

Di booth Toyota di area outdoor IIMS 2014, ditampilkan Toyota Dyna, Hi-Ace dan Hilux serta karoseri Dyna terbaru yang dijadikan food truck.

Selain itu ditampilkan Dyna HT, XT ST, dan Toyota Hilux pick up dan double cabin, serta Toyota Hi-Ace sebagai commercial van.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014