... untuk nomor free style dan kerja sama di udara waktunya cukup mepet untuk latihan guna pengenalan medan... "
Solo (ANTARA News) - Kontingen terjun payung militer Amerika Serikat menargetkan medali emas pada nomor akurasi pada kejuaraan World Military Parachuting Championship 2014, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, 19-28 September mendatang.

Pimpinan Kontingen Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Weinrich, di Solo, Kamis, mengatakan, untuk nomor free style atau gaya bebas, dan kerja sama di udara belum bisa maksimal.

Menurut Weinrich, kondisi cuaca di Kota Solo Indonesia cukup panas dapat menjadi kendala para penerjunnya, tetapi pihaknya tetap optimistis bisa merebut medali emas di nomor akurasi.

Dia mengatakan, untuk nomor free style dan kerja sama di udara waktunya cukup mepet untuk latihan guna pengenalan medan.

Menurut dia, semua penerjun dari negara lain sangat bagus, tetapi pihaknya tidak meremehkan lawan. Timnya diharapkan mampu merebut emas di nomor akurasi.

Menyinggung kota Solo di mana kejuaraan internasional itu digelar, Weinrich mengatakan, masyarakat di sini sangat ramah dan menyukai budaya lokal kota ini.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Terjun Payung Militer Internasional, Brigadir Jenderal TNI Endang Sodik, mengatakan, kontingan Indonesia dengan 10 penerjun putra dan lima putri, akan turun di tiga nomor.

Ketiga nomor itu adalah akurasi di Stadion Manahan, free style di Alun Alun Kidul, dan kerja sama di udara di Lanud Adi Soemarmo.

"Kami berharap Indonesia mampu meningkatkan peringkat dari 19 pada kejuaraan sebelumnya di Tiongkok, menjadi 10 besar di Kota Solo," kata Sodik.

Menyinggung soal persiapan panitia WMPC di Solo, Sodik menjelaskan, semuanya sudah siap, menunggu dibuka Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, pada pukul 14.00 WIB Jumat besok (19/9).

Untuk mendukung pelaksanaan WMPC 2014 ini, panitia pelaksana menyiapkan delapan pesawat terbang, yaitu empat helikopter Mil Mi-17, dua SA-330 Puma, satu helikopter EC-120 Colibri, dan satu pesawat CN-295.

Pewarta: Bambang Marwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014