Jakarta (ANTARA News) - Pemuda asal Wamena, Papua, Jimmy Kobogau, mengaku mendapatkan banyak pelajaran lewat perannya dalam film "Tabula Rasa", salah satunya pelajaran memasak rendang - makanan khas Minangkabau.

"Saya dapat ilmu baru, bisa belajar masakan Minang itu (rendang), karena sebelumnya hanya penikmat. Saya hanya bisa lihat masakan itu, tetapi tidak pernah tahu cara membuatnya," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Selain rendang, Jimmy yang sehari-hari bekerja di Badan SAR Nasional (Basarnas) ini juga belajar memasak penganan khas Minangkabau lainnya, seperti gulai ikan kakap merah dan dendeng lado mudo.

Menurut Jimmy, di antara penganan-penganan itu, memasak rendang adalah yang paling sulit.

Dia mengungkapkan, karena membutuhkan waktu tak sebentar, memasak rendang membutuhkan kesabaran.

"Paling susah itu masak rendang, sampai empat jam,... Saya disuruh masak (rendang) dari santan yang cair sampai mendidih. Memang memasak rendang itu harus sabar sih supaya hasilnya bagus," kata Jimmy seraya tersenyum.

Sekalipun kesulitan, namun Jimmy mengaku bersyukur karena mendapat arahan dari ahli kuliner, Chef Adzan dan penulis buku "Rendang Traveller", Reno Andam Suri.

Dalam film Tabula Rasa, Jimmy berperan sebagai Hans, pemuda asal Serui, Papua, yang bercita-cita menjadi pesebakbola profesional.

Namun sayang, Hans harus mengubur cita-cita itu kala cedera kaki menderanya. Di tengah rasa putus asa, Hans bertemu Mak (yang diperankan Dewi Irawan), seorang pemilik rumah makan Padang sederhana. Mak kemudian mengajak Hans ke rumah makannya. Semangkuk gulai kepala ikan hangat dan kebaikan hati Mak tak disangka justru membangkitkan kembali semangat hidup Hans.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014