Pontianak (ANTARA News) - Kota Pontianak kini memiliki kawasan tertib elektrik yang terletak di Jalan H Rais A Rahman Gang Selamat I, Kelurahan Sungai Jawi, Pontianak Kota.

Peresmian kawasan yang didukung oleh PLN Wilayah Kalimantan Barat itu dilakukan Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Kamis.

Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Kalbar M Zahidi menuturkan, PLN ikut dan bergerak dalam kepedulian di bidang sosial, pendidikan serta keagamaan.

"Kawasan Tertib Elektrik bagian dari tanggung jawab sosial PLN," ujar Zahidi. Ia melanjutkan, PLN juga ikut mensosialisasikan berbagai program ke masyarakat.

Misalnya listrik prabayar yang membuat pelanggan harus memanfaatkan energi listrik seefisien mungkin.

"PLN juga memiliki tim yang siap bekerja dalam keadaan bertegangan," ujar dia.

Sementara Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, adanya Kawasan Tertib Elektrik mampu memotivasi masyarakat agar mampu menjaga kualitas lingkungan, kebersihan, sekaligus hemat energi.

"Bukan tidak mungkin nanti di kawasan lain juga diterapkan hal yang sama," kata Edi Rusdi Kamtono.

Menurut Koordinator Kawasan Tertib Elektrik Gang Selamat I Nasran, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mempersiapkan kawasan tersebut. "Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan," kata dia.

Ia melanjutkan, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan seperti bedah rumah lima unit, pembuatan bak sampah di sepanjang Gang Selamat I, posyandu lanjut usia, pendidikan anak usia dini, Taman Pendidikan Alquran, serta menggandeng puskesmas dalam pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu, lanjut dia, juga ada pembuatan galeri yang memanfaatkan limbah tidak terpakai.

(T011/N005)

Pewarta: Teguh I Wibowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014