Baturaja (ANTARA News) - Ribuan warga dari berbagai penjuru di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, memadati Aula Kompleks Islamic Center Baturaja, Kamis, untuk mengantar keberangkatan 280 orang calon haji daerah itu.

Pantauan di lapangan, keberangkatan jamaah calon haji (calhaj) itu langsung dilepas oleh Pelaksana tugas Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Kuryana Azis dan Kepala Kantor Kementerian Agama setempat H Darami di Baturaja.

Kepala Kantor Kemenag OKU, Darami menjelaskan, total calhaj OKU yang berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 280 orang dengan rincian 122 laki-laki dan 159 perempuan.

"Calhaj OKU yang berusia paling tua adalah Rofiah dari Kecamatan Baturaja Timur dengan usia 94 tahun dan termuda Fera Bahtiar (24) dari Lubuk Raja," tegasnya.

Sesuai jadwal, kata Darami, jamaah calon haji OKU pada Kamis masuk Asrama Haji Palembang.

Selanjutnya, pada 19 September pukul 05.40 WIB CJH OKU akan diterbangkan melalui kloter 20 dari embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju tanah suci Mekkah..

Menurut Darami, keberangkatan calhaj OKU itu ke Mekkah akan dilakukan serentak bersama CJH dari tiga KBH di Palembang.

"Total rombongan kloter 20 yang tergabung dengan jamaah haji kita adalah 445 orang," ungkapnya.

Sementara Pelaksana tugas Bupati OKU, Kuryana Azis berharap agar seluruh jamaah haji OKU menjaga kesehatannya selama di tanah suci supaya bisa menjalankan rukun Islam kelima dengan baik.

"Saya doakan agar seluruh CJH OKU menjadi haji mabrur," ujarnya.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014