Madrid (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Spanyol Pedro Morenes telah mengkonfirmasi negaranya akan mengirim satu baterai rudal "Patriot" ke Turki sebagai bagian dari misi NATO.

Tujuan pengirima perangkat militer tersebut ialah untuk melindungi warga sipil dari serangan rudal atau udara yang mungkin terjadi di sepanjang perbatasan Irak dan Suriah.

Morenes menjelaskan rudal Spanyol itu, yang akan diawaki oleh 130 prajurit, akan menggantikan baterai rudal Belanda --yang dijadwalkan ditarik dari wilayah tersebut pada Januari 2015.

Pasukan Spanyol itu akan bekerja sama dengan pasukan AS dan Jerman di wilayah itu dan Menteri tersebut mengkonfirmasi, "Spanyol termasuk dalam koalisi internasional melawan kelompok mujahidin."

Namun Morenes mengatakan pasukan Spanyol tersebut takkan terlibat dalam misi pemboman terhaspukan personel Negara Islam di Irak, demikian laporan Xinhua. Spanyol, katanya, juga takkan mengirim pasukan darat ke negara itu.

Ia menjamin ia akan terus memberitahu Kongres Spanyol mengenai perincian kerja sama dengan koalisi tersebut, saat meminta pengesahan yang diperlukan.

Spanyol telah menawarkan penggunaan pangkalan militer, angkutan strategis, saran dan informasi intelijen serta peralatan non-mematikan kepada Pemerintah Irak.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014