Jakarta (ANTARA News) - Toyota Astra Motor menghadirkan mobil konsep ramah lingkungan dalam teknologi Fuel Cell Vehicle (FCV) dengan nol emisi.

"Toyota kembali berhasil mengembangkan teknologi ramah lingkungan tingkat tinggi yang jauh lebih maju yaitu FCV berbahan bakar hidrogen," kata General Manager Corporate Planning and Public Relation PT TAM Widyawati di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat.

Dia mengatakan kehadiran mobil konsep itu merupakan jawaban atas tantangan mobilitas di tengah semakin langka dan mahalnya sumber energi di masa depan.

Menurut dia, mobil konsep FCV akan dipasarkan pada April 2015 di Jepang dan California Amerika Serikat.

Dia belum bisa memastikan kehadiran mobil tersebut di Indonesia mengingat kesiapan infrastruktur dalam negeri.

Sementara itu, General Manager Technical TAM Dadi Hendriadi mengatakan mobil FCV Toyota tidak menghasilkan emisi karena sisa pembakaran keluar dalam bentuk air (H2O) sehingga ramah lingkungan.

"Perangkat fuel cell yang menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen untuk menyalakan motor penggerak," ujarnya.

Dia menjelaskan teknologi tersebut mampu menggantikan bensin sebagai bahan bakar dengan hidrogen sebagai energi ramah lingkungan.

Dadi menujelaskan mobil FCV menggunakan teknologi Hybrid Synergy Drive yang sudah diterapkan pada kendaraan Toyota lainnya seperti Camry.

"Kemampuan jelajahnya lebih panjang dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700 kilometer," katanya.

Toyota menggunakan teknologi penambah voltase sehingga bisa menghasilan tenaga tiga kali lipat dibandingkan komponen sel bahan bakar sebelumnya.

Sebagai perbandingan, satu tangki penuh bahan bakar hidrogen bisa memberi pasokan listrik satu rumah selama satu pekan.

Dari sisi kecepatan, mobil ini mampu mencapai kecepatan 0-100 km/ jam dalam 10 detik serta kecepatan maksimum 170 km/ jam.

Dadi menegaskan Toyota ingin menjadi pelopor teknologi FCV tersebut seperti tahun 1997 yang mempelopori munculnya mobil hybrid melalui Toyota Prius.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014