New York (ANTARA News) - Bursa saham AS terdongkrak pada pembukaan perdagangan Jumat ketika pasar bersiap memperdagangkan saham-saham raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba dalam IPO terbesar yang pernah ada di Amerika Serikat dan potensial di dunia.

Para pedagang juga menunjukkan kelegaan menyangkut suara Skotlandia yang menolak meninggalkan Inggris Raya, lapor AFP.

Lima menit awal perdagangan, Dow Jones naik 75,46 poin (0,44 persen) menjadi 17.341,45, sedang S&P 500 bertambah 7,14 (0,35 persen) menjadi 2.018,50. Kedua indeks mencatat rekor pada Kamis.

Nasdaq naik 12,66 (0,28 persen) menjadi 4.606,09.

Sentimen terlihat antusias karena saham raksasa ritel online Tiongkok Alibaba mencapai harga 68 dolar, harga terbaik yang tergambar dalam catatan sekuritasnya. Penawaran saham perdana (IPO) bisa naik sebesar 25 miliar dolar, yang mungkin menjadi rekor untuk pasar manapun.

Para pemilih Skotlandia menolak referendum untuk keluar dari persatuan dengan Inggris Raya yang sudah berlangsung berabad-abad setelah kampanye "tidak" meraih 55,3 persen suara sedangkan kubu pro-kemerdekaan mendapat 44,7 persen.

Kalangan bisnis Inggris menyambut baik keputusan tersebut setelah prospek kepergian Skotlandia memunculkan masalah-masalah sulit menyangkut bagaimana Skoltandia akan melepaskan kesatuan dan sistem mata uangnya. (*)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014