Semarang (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional menegaskan akan tetap berada di Koalisi Merah Putih meskipun perwakilan dari mereka menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Marina Convention Center, Semarang, Jumat.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edy mewakili PAN untuk menghadiri Rakernas PDIP yang dihadiri 1.590 kader partai itu serta presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla.

"Kami diundang dan setelah dipertimbangkan secara matang, kami hadir dalam rangka silaturahim," kata Dradjad disela-sela Rakernas PDIP.

Menurut Dradjad, kehadirannya mewakili PAN untuk menjaga silaturahim dengan PDIP meskipun keduanya memiliki perbedaan pandangan politik.

"Ini budaya yang dikembangkan para 'founding fathers' kita, Bung Karno, Bung Hatta, dan semuanya bahwa meskipun mereka punya perbedaan politik yang tajam tetapi silaturahimnya tetap jalan," ujar Dradjad.

Ia menambahkan bahwa PAN ingin memberi pembelajaran pada masyarakat bahwa perbedaan politik tidak boleh menjadi perpecahan.

"Jadi saya tegaskan PAN tetap berada di Koalisi Merah Putih tidak berubah posisinya namun kita ingin tunjukkan kepada masyarakat bahwa perbedaan politik tidak boleh menjadi perpecahan karena bagaimana pun bendera kita sama, pancasila sama, menghirup udara yang sama kita hidup di tanah yang sama. Jadi PAN ingin melestarikan budaya yang sudah berkembang sejak founding fathers kita," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Dradjad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edy menghadiri Rakernas PDIP menjelang rakernas tersebut dimulai. Kehadirannya disambut tepuk tangan dari para kader partai.

Selain perwakilan PAN yang merupakan bagian dari Koalisi Merah Putih, hadir pula perwakilan dari PPP yakni Ketua Umum plt PPP Emron Pangkapi menghadiri Rakernas IV PDIP didampingi Wakil Sekretaris Jenderal Isa Muchsin.

Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua Penyelenggara Rakernas IV Puan Maharani menyambut baik kehadiran perwakilan dari kedua partai Koalisi Merah Putih.

"Silaturahim dan komunikasi sudah kami lakukan, bahkan kesediaan mereka akan hadir ke rakernas keempat ini karena kami melakukan komunikasi yang baik dengan kedua partai tersebut," kata Puan.

"Kalau pun setelah kehadiran mereka di rakernas mereka menyatakan sikapnya untuk ikut ke koalisi Jokowi-JK kemudian sebelum tanggal 1 Oktober bahkan sudah menyatakan sikap resmi ikut bersama-sama, kami tentu saja membuka diri," katanya menambahkan.

(M047/R010)

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014