Edinburg (ANTARA News) - Ratu Elizabeth pada Jumat (19/9) mengatakan setiap orang di Inggris akan menghormati hasil referendum kemerdekaan Skotlandia, yaitu wilayah tersebut tetap menjadi bagian dari Inggris.

Saat mengeluarkan pernyataan tertulis dari Balmoral Castle di Skotlandia Utara, Ratu Inggris tersebut mengatakan hasil pemungutan suara Skotlandia untuk tetap menjadi bagian dari Inggris adalah "hasil yang akan kami semua di seluruh Inggris hormati".

"Buat banyak orang di Skotlandia dan tempat lain hari ini, akan ada perasaan kuat dan emosi yang bertentangan --di kalangan keluarga, teman dan tetangga," kata Ratu Elizabeth, sebagaimana diberitakan Xinhua.


Ratu Elizabeth menanggapi hasil pemungutan suara "Tidak" dalam referendum Skotlandia dengan mengatakan masyarakat Skotlandia akan bersatu lagi "dengan saling menghormati dan mendukung".

Sementara itu Menteri Pertama Skotlandia Alex Salmond pada Jumat mengumumkan pengunduran dirinya, setelah kekalahan kampanye "Ya" dalam referendum kemerdekaan wilayahnya.

Saat mengumumkan dalam satu taklimat yang ditayangkan langsung oleh Sky TV, Salmond mengatakan ia akan meletakkan jabatan Menteri Pertama Skotlandia dan pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP), yang berkuasa.

Salmond mengatakan karir politiknya berakhir setelah kekalahan kampanye "Ya" dalam referendum kemerdekaan, yang diumumkan pada Jumat pagi, namun upaya rakyat Skolandia berlanjut untuk mewujudkan impian tersebut.
(C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014