Incheon, Korea Selatan (ANTARA News) - Tiongkok menyabet medali emas pertama dalam Asian Games 2014, Sabtu, ketika petembak putri mereka - juara Olimpiade Guo Wenjun, Zhang Mengyuan dan Zhou Qingyuan -- unggul pada nomor 10 meter tim air pistol.

Tuan rumah dan juara bertahan Korea Selatan, sebagai favorit sebelum pertandingan dimulai, dengan memprihatinkan berada di urutan keempat di bawah peraih medali perunggu Taiwan dan Mongolia, demikian laporan AFP.

Peraih medali diputuskan dengan menjumlahkan skor mereka dengan angka pada babak kualifikasi, merupakan aturan yang memupus peluang Korea Selatan.

Tim tuan rumah yang diperkuat Kim Jang-Mi dan petembak yang baru mendapat gelar juara dunia Jung Jee-Hae, berada di urutan dua teratas pada babak penyisihan, tapi rekan mereka Oh Mink-Yung hanya mampu menempatkan diri di urutan ke-28.

Tiongkok tampil meyakinkan dengan diperkuat Guo, yang menang di nomor 10m perorangan pada Olimpiade 2008 dan 2012, dan kini berada di urutan ketiga, Zhang di tangga ketujuh dan Zhou di urutan kedelapan.

Atlet urutan delapan besar pada babak kualifikasi akan bertanding di nomor perorangan pada acara selanjutnya Sabtu.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014