Jakarta (ANTARA News) - Festival komik, mainan, film dan animasi se-Asia yaitu Popcon Asia 2014 juga dimeriahkan para cosplay.

Cosplay adalah hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti para tokoh-tokoh dalam anime, manga,permainan video maupun selebriti.

Tiga di antara pengunjung berdandan cosplay adalah  Audrey, Anne, dan Naomi.

Audrey berdandan ala  Kaizumi -Kagami Taiga (Female Version) from Kuroko no Basuke, Anne sebagai Shirone Hibiya - Matsuoka Rin (Crossdress Ver) dan Naomi sebagai Kurosawa Rein - Ren Jingujii from Uta no Prince from Free!

Ketiga remaja berusia 14 tahun ini rela berdandan narsis ala komik Jepang karena kesukaannya terhadap karakter para tokoh di dalamnya.

Mereke mengaku cukup repot menyiapkan kostum namun ketiganya senang.

"Satu kostum ini bisa menghabiskan uang jajan saya hingga Rp500 ribu, tapi hasilnya puas jadi bisa eksis bertandang ke Popcon," kata Anne yang sudah dua tahun belakangan terus mengikuti event Popcon Asia kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Audrey dan Naomi juga mengatakan hal yang sama, bagi keduanya, bisa berdandan dan berkostum ala karakter komik kesukaannya, membuat hobbynya dapat tersalurkan.

etua Komunitas Zero Cosplay Indonesia Robby Kazuya mengakui bahwa kesukaan terhadap satu karakter animasi dalam komik atau film membuat 50-60 anggotanya berkumpul.

"Komunitas ini terbentuk karena berkumpulnya orang-orang yang cinta pada karakter animasi dan merasa sama sehingga nyaman untuk bersama dan jalan bareng," ujar Robby yang sudah memimpin komunitas selama dua tahun terakhir.

"Karena kesamaan hobby ini kami jadi berkumpul dan akhirnya menyusun jadwal ngumpul, jadwal menjahit kostum hingga jadwal mentas jika diminta oleh perusahaan swasta," katanya.

"Saat ini kami masih banyak menggunakan kostum ala karakter Hollywood, tapi kami juga pernah membuat kostum untuk karakter komik atau animasi berkonten lokal seperti Setan Jalanan Pepeng," ujarnya.


Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014