Karawang, Bekasi (ANTARA News) - PT Bridgestone Tire Indonesia, Sabtu,  telah menyelesaikan "Ecopia Go Indonesia", program yang digelar untuk menguji kelebihan ban Bridgestone Ecopia--yang karena teknologinya--bisa menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan.

Dalam program uji keliling Pulau Jawa sejak 12 September--menggunakan tiga Toyota Avanza--dan finish hari ini di Proving Ground Bridgestone Karawang, Jawa Barat, dihasilkan bahwa ban Ecopia mampu menghemat 12 persen bahan bakar dibanding ban kompetitor A dan lebih irit 9 persen dibanding kompetitor B.

Dari total jarak tempuh 1686 km dalam waktu lebih 51 jam itu, secara total kendaraan berban Bridgestone Ecopia menghabiskan bahan bakar 123,35 liter, sedangkan mobil berban kompetitor A 134 liter dan berban kompetitor B 137,76 km.

Jika dirata-rata, kendaraan dengan ban Ecopia--dalam hal ini Ecopia EP150--, mengonsumsi bahan bakar lebih hemat 13,6km per satu liter bahan bakar, mobil berban kompetitor A hanya 12,58km/liter, sedangkan yang berban kompetitor B 12,24km/liter.

"Kami sangat senang tim Ecopia Go Indonesia telah berhasil kembali dengan selamat. Sebuah kegiatan yang luar biasa dengan menempuh perjalanan panjang. Dan hal yang paling membahagiakan lagi adalah terbukti bahwa ban ECOPIA berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar yang paling irit," kata Presiden Direktur Bridgestone Tire Indonesia Junichi Kumano dalam jumpa pers.

Chief Operation Officer of Bridgestone China, Asia & Pacific, Kunitoshi Takeda, yang juga hadir mengatakan,"Hasil tes ini diharapkan dapat membuktikan bahwa ban ECOPIA merupakan pilihan terbaik bagi konsumen di Indonesia yang menginginkan ban hemat bakar dan menikmati usia pemakaian ban yang lebih lama.”

"Pengujian ini juga fokus pada penguatan citra ban ECOPIA yang hemat bahan bakar karena hasil akhir pengetesan ini telah menunjukkan data yang tingkat akurasinya tinggi terhadap bagaimana Ecopia bisa berkontribusi untuk menghemat bahan bakar," Sales and Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia, Yasuhiro Ukegawa, menambahkan.

Ditanya apakah hasil itu sudah sesuai harapan Bridgestone terutama terkait teknologi yang diterapkan pada Ecopia, Assistant Sales and Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia Frankie Paduli mengatakan,"Tentu saja hasilnya sudah sesuai. Kami melihat fuel efficiency sudah sesuai, selain handal dan tahan lama."

"Ecopia Go Indonesia" menempuh waktu perjalanan 9 hari keliling Jawa mulai dari Karawang-Bandung-Purwokerto-Yogyakarta-Madiun-Surabaya-Semarang-Cirebon-Bandung-dan kembali ke Karawang.
Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014