Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pesawat dari Australia yang didatangkan nantinya akan membantu mengatasi penanganggulangan kebakaran hutan di beberapa provinsi yang terdapat titik api.

"Selain pesawat dari Australia, pemerintah juga menerjunkan beberapa helikopter dan pesawat Hercules untuk kegiatan operasi udara," kata Kepala Humas BNPB Pusat, Sutopo di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, pesawat dari Australia itu dijadwalkan datang ke Indonesia di Palembang pada (30/9) guna melakukan operasi udara berupa pemboman air di wilayah tersebut.

Bukan itu saja pesawat itu nanti juga akan melakukan pemboman air di dua lainnya seperti Jambi dan Riau karena juga terdapat kebakaran hutan.

"Pesawat Australia itu juga akan dibantu helikopter Kamov dari Riau yang akan dipindahkan ke Palembang apabila nanti diperlukan untuk mengatasi titik api. Ada dua pesawat Australia yang datang untuk membantu pemadaman api akibat kebakaran hutan di Palembang, dua pesawat itu jenis pesawat aphibi Air Tractor," tuturnya.

Saat ini pesawat Hercules milik TNI AU juga ikut melakukan operasi udara dan pihak BPPT juga akan melakukan operasi hujan buatan hingga Oktober nanti, sesuai kebutuhan.

Operasi udara berupa pemboman air juga akan diperkuat dengan mendatangkan dua helikopter jenis Kamov dari Johor Baru yang akan tiba di Kota Palembang pada (29/9).

"Semua kinerja kami maksimalkan untuk melakukan pemadaman api akibat hutan dan lahan agar tidak semakin meluas dan api tidak merambah ke daerah lain," ucapnya. (*)

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014