Padang (ANTARA News) - Naskah kuno milik keturunan Kesultanan Inderapura, Pesisir Selatan, akan dipamerkan ke publik dalam pameran Museum Nagari Adityawarman Padang, Sumatera Barat, Selasa (23/9).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Nagari Adityawarman Padang, Noviyanti, Minggu, mengatakan naskah itu akan menjadi ikon pameran kali ini.

Seorang keturunan Kesultanan Inderapura, Sultan Muhammad Syah Sultan Arbi, mengatakan naskah yang akan dipamerkan adalah naskah kuno sepanjang 5,07 meter dengan lebar 57,2 sentimeter.

Naskah milik kerajaan yang berdiri antara abad ke-9 sampai tahun 1891 itu, menurut dia, berisi silsilah keturunan raja-raja Indrapura.

"Ikut serta dalam acara pameran seperti ini adalah salah satu usaha keluarga untuk mendapatkan pengakuan baik secara nasional maupun internasional tentang keberadaan Kesultanan Inderapura yang pernah ada dan memberikan pengaruh cukup besar pada masa kejayaannya," katanya.

Ia menambahkan, keturunan Kesultanan Inderapura juga memiliki naskah kuno yang panjangnya 11 meter lebih.

Selain naskah itu, menurut Novianty, ada 61 naskah kuno lain termasuk 12 Al Quran kuno serta kumpulan hadist, ilmu tauhid, fiqih, syair, nazam, tambo, dan kaba.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014