... memerlukan waktu 99 menit untuk memenangi pertarungan sesama mantan petenis nomor satu dunia itu... "
Tokyo (ANTARA News) - Ana Ivanovic mengalahkan finalis Amerika Serikat Terbuka, Caroline Wozniacki, 6-2, 7-6 (7/2), pada final turnamen tenis WTA Pan Pacific Terbuka 2014, di Tokyo, Minggu.

Petenis Serbia berusia 26 tahun itu memerlukan waktu 99 menit untuk memenangi pertarungan sesama mantan petenis nomor satu dunia itu, dan meningkatkan catatan kemenangannya atas unggulan kedua asal Denmark itu menjadi 5-2.

"Pertandingan ini sangat berat secara fisik. Kami melakukan banyak reli panjang, tapi memenangi gelar ini mengagumkan," kata unggulan ketiga Ivanovic, yang sebelumnya menjungkalkan unggulan teratas, Angelique Kerber, dari Jerman, pada semifinal.

"Saya sungguh telah berupaya untuk mendekati net dan menyelesaikan banyak angka di net," kata petenis Serbia, yang kini menempati peringkat 10 dunia dan sudah memenangi 15 gelar WTA, yang empat di antaranya diraih tahun ini.

Ini merupakan gelar Pan Pacific Terbuka pertama bagi Ivanovic, yang sudah mengikuti turnamen di Tokyo itu untuk tahun kedelapannya secara beruntun.

Ivanovic mencuri angka dari servis pemain Denmark berusia 24 tahun itu pada game pertama, kelima, dan ketujuh pada set pertama.

Dia secara cepat melaju dengan tembakan voli menyilang pada game kedelapan dan menyelesaikan set itu dengan dua ace secara beruntun.

Petenis peringkat sembilan dunia Wozniacki, yang sedang berupaya menebus kekalahannya dari Serena Williams pada final AS Terbuka dua pekan lalu, sempat unggul 3-1 pada awal set kedua.

Kedua pemain saling mencuri angka servis dua kali dan kedudukan sempat imbang 4-4 saat petenis Serbia mengatasi break point, melepaskan smes dari dekat net dan memaksa backhand pengembalian Wozniacki terlalu panjang.

Wozniacki tertinggal 2-6 pada saat tiebreak, empat kali tembakannya secara beruntun terlalu panjang dan melebar. Pada saat "match point" Ivanovic melepaskan "forehand" yang mendarat tepat di garis yang tidak bisa dijangkau Wozniacki, juara Pan Pacific Terbuka 2010.

Dengan kemenangannya di Tokyo, Ivanovic meraih hadiah utama 196.700 dolar Amerika Serikat pada turnamen berhadiah total 1 juta dolar Amerika Serikat itu, sementara posisi kedua mendapat 104.900 dolar Amerika Serikat.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014