... setelah itu mereka saling berangkulan... "
Kabul (ANTARA News) - Dua kandidat presiden Afghanistan yang bersaing menandatangani satu perjanjian pembagian kekuasaan, Minggu, mengakhiri konflik berkepanjangan menyangkut hasil pemilu yang disengketakan.

Penghitungan hasil akhir akan dikeluarkan setelah tertunda pada perundingan detik-detik akhir, mengatasi kebuntuan yang menyebabkan Afghanistan dilanda krisis saat pasukan pimpinan AS akan mengakhiri perang 13 tahun mereka terhadap Taliban.

Ashraf Ghani, yang meraih kemenangan dalam pemilu presiden pada Juni, sesuai hasil sementara akan menjadi presiden sementara Abdullah Abdullah diangkat mengisi satu jabatan baru CEO, yang akan sejajar dengan perdana menteri.

Baik Ghani maupun Abdullah mengklaim menang dalam pemilu yang dituduh kelompok Abdullah diwarnai kecurangan.

PBB mendesak keras pembentukan satu pemerintah persatuan nasional untuk menghindari kembalinya perpecahan etnik seperti yang dalam perang saudara tahun 1990-an.

Kedua kandidat menandatangani perjanjian itu dalam satu acara di istana presiden dan setelah itu mereka saling berangkulan dan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, mulai berpidato.

Berdasarkan konstitusi, presiden memegang hampir seluruh kekuasaan dan struktur baru pemerintah akan menghadapi satu ujian penting di tengah keamanan dan ekonomi negara itu yang memburuk.

Para pejabat Komisi Pemilu Independen mengemukakan kepada AFP bahwa hasil resmi akan disiarkan Minggu malam, setelah perjanjian itu ditandatangani.

Masa depan hubungan Afghanistan dengan aliansi NATO yang dipimpin Amerika Serikat juga tertunda setelah Karzai menolak menandatangani satu perjanjian keamanan untuk menjamin kelanjutan kehadiran militer asing setelah tahun ini.

Komandan penting militer NATO, Jenderal AS Philip Breedlove,  mengatakan, satu pemerintah persatuan akan memungkinkan konklusi segera perjanjian itu.

Abdullah, mantan petempur perlawanan anti-Taliban mendapat dukungannya dari etnuik Tajikistan dan kelompok-kelompok etnik utara lainnya. Ghani, mantan ahli ekonomi Bank Dunia, didukung etnik Pashtun dari daerah selatan dan timur.

Menurut rancangan dokumen pemerintah persatuan yang diperoleh AFP, CEO akan menjadi "perdana menteri eksekutif dalam waktu dua tahun --satu perubahan penting dari bentuk pemerintah yang dijalankan Afghanistan sejak tahun 2001.

Setelah pemilu Juni selesai ada tuduhan-tuduhan kecurangan, AS menengahi satu persetujuan untuk mematuhi hasil audit dalam delapan juta surat suara dan kemudian membentuk satu pemerintah persatuan nasional.

Tetapi Abdullah kemudian meninggalkan audit itu dengan mengatakan audit itu tidak menyeleaikan masalah kecurangan itu. Ia menang dalam babak pertama pemilu April, tetapi Ghani dalam putaran kedua Juni meraih kemenangan yang disengketakan.

Pamerintah baru itu harus menstabilkan ekonomi sementara bantuan internasional mengalami penurunan, dan juga harus menangani aksi kekerasan yang memburuk di seluruh negara itu.

Usaha-usaha untuk membuat satu proses perdamaian dengan Taliban mengalami kegagalan dalam pemerintah Karzai dan mungkin akan dimulai kembali.

Sejumlah 2.312 warga sipil tewas dalam delapan bulan pertama tahun ini, meningkat 15 persen dari 2013.

Sekitar 41.000 tentara NATO tetap berada di Afghanistan, menurut dari 150.000 persen pada saat puncaknya tahun 2010, berperang bersama tentara Afghanistan dan polisi melawan pemberontak Taliban.

Pasukan tempur NATO akan mengakhiri missi mereka Desmber. Jika satu perjanjian ditandatangani, satu pasukan berkekuatan 12.000 personil akan tetap berada di negara itu sampai 2015 untuk missi pelatihan dan tugas-tugas dukungan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014