Berlin (ANTARA News) - Bek Wolfsburg Ricardo Rodriguez mencetak dua gol dan merancang terciptanya gol lain ketika mereka mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 4-1 pada Minggu, untuk mengakhiri rekor tidak terkalahkan di liga milik tim tamu.

Leverkusen, yang juga menelan kekalahan pada pertandingan pembukaan fase grup Liga Champions di markas AS Monaco pada tengah pekan, mendapat mimpi buruk pada awal pertandingan ketika Guilio Donati diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Junior Malanda di kotak penalti pada menit kedelapan, lapor Reuters.

Rodriguez (22) mengecoh Bernd Leno dari titik penalti, dan Kevin Bruyne nyaris menggandakan keunggulan mereka ketika sepakannya membentur tiang gawang pada menit ke-22 di mana pertahanan Leverkusen terlihat begitu rapuh.

Penyerang Josip Drmic mengontrol bola dengan baik menyusul umpan dari Leno, dan mencetak gol ketika Leverkusen mampu menyamakan kedudukan.

Bagaimanapun, superioritas dan tekanan Wolfsburg terhadap lawan mereka yang kerap melakukan kesalahan terbayar saat Rodriguez mengirim sepakan cungkil menyilang ke tiang jauh untuk dituntaskan dengan sundulan pemain Portugal Vieirinha menjelang turun minum.

Pemain internasional Rodriguez menyimpan kepingan terbaik dari kemampuan olah bolanya sampai saat terakhir, dan pada menit ke-63 ia melepaskan sepakan voli kaki kiri dari tendangan sudut De Bruyne yang gagal diantisipasi Leno.

Pemain pengganti Aaron Hunt melengkapi kemenangan timnya dengan sepakan mendatar saat pertandingan tinggal menyisakan sembilan menit, ketika tim peringkat ke-11 Wolfsburg bangkit dari kekalahan 1-4 yang dideritanya dari Everton di Liga Europa pada pekan ini.

"Kami tahu ini akan berat dan kartu merah dan 0-1 benar-benar membuat ini menjadi rumit bagi kami," kata pelatih Leverkusen Roger Schmidt, yang timnya menduduki peringkat kelima.

"Pemain muda kami harus mengatasi situasi dan Anda dapat melihatnya bahwa bahkan dengan kekurangan satu pemain, kami masih memiliki peluang. Namun setelah tertinggal 1-3, kami tidak dapat berbuat lebih."

Pada pertandingan lain yang dimainkan pada Minggu, Moenchengladbach menguasai permainan namun mereka gagal menaklukkan Cologne, yang menjadi satu-satunya tim yang belum kemasukan gol dari empat pertandingan liga di musim ini setelah hasil imbang 0-0 mereka di derby Rhine.

Secara mengejutkan tim promosi Paderborn memuncaki klasemen dengan koleksi delapan angka, menyusul kemenangan 2-0 mereka atas tamunya Hanover 96 pada Sabtu.

Juara bertahan Bayern Munich, yang ditahan imbang tanpa gol di markas Hamburg SV pada Sabtu, juga memiliki delapan angka. Borussia Dortmund menduduki peringkat keenam setelah takluk 0-2 di markas Mainz 05.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014