Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang melanda empat rumah di Cakung, Senin.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.15 WIB di kampung Petukangan, Kelurahan Rawaterate, Kecamatan Cakung, Jakarta. Api meluluhlantakkan seluruh bangunan rumah beserta isinya.

"Kita mengerahkan 14 unit karena di sini tempat padat penduduk," kata Kepala Seksi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Mulyanto.

Sementara terkait penyebab kebakaran, petugas kepolisian yang ditemui dilokasi, Aiptu Marsudi mengatakan diduga hubungan pendek arus listrik dari rumah seorang warga, Saparudin

Salah seorang korban, Wartem yang sedang berada dirumah saat kebakaran terjadi mengatakan tiba-tiba api datang dari kamar rumah Saparudin dan langsung menjalar ke rumah sekitar.

"Rumah bapak Saparudin sudah ditinggal kosong selama setengah bulan, orangnya pergi ke rumah sakit karena bapak Saparudin sakit, selama itu listrik tidak pernah dimatikan," kata Wartem.

Wartem mengatakan ia tidak sempat menyelamatkan harta bendanya, semuanya hangus terbakar.

"Yang saya punya ya yang saya pakai sekarang ini, surat sawah terbakar, ijazah anak-anak juga sudah tidak ada, saya tidak tahu nanti tidur di mana , katanya dengan mata yang berkaca-kaca.

Mulyanto mengatakan api apat dikuasai sekitar 15 menit setelah petugas datang memadamkan api.

Tidaka da korban jiwa dalam kebakaran ini. Besarnya kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014