Jakarta (ANTARA News) - Distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), optimistis pasar kendaraan komersial akan lebih bergairah pada triwulan akhir 2014 dengan bermulainya pemerintahan baru pada Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Pemasaran KTB, Rizwan Alamsjah, disela gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JI Expo, Kemayoran, Senin.

"Hingga Agustus kemarin, pasar kendaraan komersial secara keseluruhan turun 14 persen, tetapi kami melihat optimisme mulai akan timbul dengan pemerintahan baru.

"Bahkan untuk September saja sudah terasa mulai lebih bergairah dibandingkan Agustus," katanya.

Sebetulnya, Rizwan menuturkan bahwa selama Semester I 2014, bahkan hingga Juli, iklim pasar masih cukup positif, namun dengan datangnya kombinasi antara Idul Fitri dengan Pemilu hal tersebut cukup mempengaruhi pertumbuhan pasar otomotif secara keseluruhan.

Pada Semester I 2014, ia mengakui pihaknya banyak terbantu dengan sejumlah proyek infrastruktur yang berlangsung di Tanah Air, yang kemudian sempat menemui jeda di masa Pemilu.

Menurut Rizwan penurunan pasar kendaraan komersial di sektor pertambangan maupun komoditi sudah berlangsung sejak 2013 dan berlanjut di 2014, yang secara umum disebabkan kendala iklim politik sehingga membuat pasar terkesan menunggu.

Pun demikian, Rizwan menegaskan kembali optimismenya bahwa hingga akhir 2014 nanti, secara keseluruhan di pasar kendaraan komersial penurunan tidak lagi mencapai 14 persen.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014