Jakarta (ANTARANews) - Berbeda dengan kendaraan serbaguna (MPV) lainnya yang bermain di segmen kelas atas (high), Mitsubishi Delica yang diluncurkan pada hari pertama Indonesia International Motors Show (IIMS) 2014, tampil lebih gagah.

Dari beberapa unit Delica yang dipamerkan di booth Mitsubishi pada ajang IIMS yang berlangsung mulai 18 sampai 28 September 2014 itu, Delica dengan sentuhan warna ralli di pojok kiri menjadi pusat perhatian.

Nampaknya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) ingin menunjukkan bahwa MPV yang dibawa langsung dari Jepang itu tangguh di segala medan, termasuk jalan berbatu, yang masih banyak di negeri ini.

"Saya yakin Delica cocok untuk Indonesia," kata CEO Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Osamu Masuko, ketika datang ke Jakarta, dua hari sebelum IIMS dibuka. 

Karakter sebagian besar jalan di Indonesia yang kasar dan tak rata menjadikan MPV high yang memiliki ground clearance 190 mm itu diyakini bakal diminati penyuka MPV dengan tampil luar yang tangguh dan kokoh.

Apalagi Delica dengan mesin bensin MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) 2.0L juga dilengkapi dengan long stroke suspension yang membuat nyaman dan stabil dikendarai di berbagai kondisi jalan, termasuk jalan berlubang dan berbatu yang masih banyak di negeri ini.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, Mitsubishi memperkuat rangka Delica dengan rib bone frame dan bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body yang meminimalisasi risiko terhadap pengemudi dan penumpang bila terjadi kecelakaan.

Fitur keamanan dan keselamatan lainnya yang disematkan Mitsubishi pada MPV andalannya itu adalah dual airbags dan knee back yang akan melindungi bagian kepala, wajah, dan lutut bagi pengemudi dan penumpang di depan. 

 Selain itu, juga ada kelengkapan sistem keamanan lainnya seperti ABS, EBD, dan BA, serta hill start assist yang berfungsi menahan kendaraan beberapa waktu pada saat melepas pedal rem di jalanan menanjak.

Ada juga active stability control (ASC) dengan traction control yang menjaga keamanan berkendaraan agar tetap stabil saat bermanuver ataupun melewati jalanan yang licin. 

Traction control Mitsubishi Delica juga mencegah roda split saat jalanan licin. 

Delica juga dilengkapi teknologi auto stop & go yang dapat menonaktifkan secara otomatis pada saat pedal rem diinjak dan kendaraan berhenti. 

Fitur itu sekaligus untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.

Kendati berpenampilan gagah, keanggunan sebuah MPV high tetap dijaga dengan desain tailgate yang mewah melalui kompinasi lampu belakang yang sporty, di samping desain gril depan yang dikasih ornamen krom. 

 Sama seperti pesaingnya Delica juga dilengkapi dengan power sliding door di kedua sisi pintu baris kedua.

Kenyamanan kabin juga akan dirasakan ketika kita berada di dalamnya. Berkapasitas tujuh penumpang, Delica dilengkapi captain seat dengan armrest, serta ruang kaki yang lapang di baris dua maupun ketiga, serta reclining seat yang bisa diatur fleksibel baik pada baris pertama, kedua, dan ketiga sesuai kebutuhan.

Apabila ingin mendapatkan ruang kaki yang lega, kursi dapat dengan mudah digeser ke belakang. 

Untuk membuat suasana di kabin lebih menyenangkan, juga disematkan smart audio system yang dilengkapi enam pengeras suara.

Mitsubishi menyebut kendaraan penumpang teranyarnya yang dibandol dengan harga Rp409 juta/unit itu sebagai Sport Utility MPV.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014