Buntok, Kalteng (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengimbau warga untuk menggunakan masker saat kabut asap melanda.

"Hal ini guna mengantisipasi gangguan pernafasan akibat pekatnya kabut asap yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini," kata kepala Dinkes Barsel, dr Daryomo Sukiastono, di Buntok, Senin.

Untuk mengantisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), pihaknya juga telah membagikan sebanyak 10 ribu masker kepada sejumlah pelajar dan masyarakat setempat beberapa waktu lalu.

Dia juga meminta kepada seluruh warga Barsel untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dan apabila memang ingin melakukan aktifitas diluar rumah gunakanlah masker.

"Jika memang ada gejala ISPA atau penyakit lainnya akibat kabut asap ini silahkan langsung berobat ke puskesmas terdekat," ucap Daryomo.

Selain itu ia juga meminta masyarakat agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak terserang ISPA pada saat kabut asap pekat seperti ini.

"Peningkatan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang, melakukan aktifitas olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup," tambahnya.

Dengan pola makan bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh, maka akan terhindar dari berbagai penyakit yang kerap kali muncul pada saat kabut asap pekat seperti ini. (*)

Pewarta: Bayu Ilmiawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014