Banyak konsumen mengirim permintaan lewat surel dengan desain yang diinginkan...
Denpasar (ANTARA News) - Pusat kerajinan bambu di Desa Belaga Gianyar, Bali, karyanya ramai memasuki pasar ekspor terutama tujuan ke Jepang.

"Kami memasarkan mata dagangan lewat dunia maya, pesanan tetap ada dari mitra bisnis di mancanegara," kata Pengusaha eksportir aneka kerajinan Bali, Made Netra, di Gianyar, Selasa.

Konsumen Jepang masih banyak membeli aneka barang kerajinan maupun anyaman bambu berupa peralatan rumah tangga, kursi, meja, termasuk tangga yang dimanfaatkan untuk menggantung pakaian.

Ia mengatakan, pengusaha luar negeri sekarang cukup mengirimkan surel, untuk memesan barang yang diinginkan lengkap dengan desain sesuai seleranya dalam jumlah yang sudah ditentukan, termasuk jangka waktu penyelesaiannya.

"Banyak konsumen mengirim permintaan lewat surel dengan desain yang diinginkan dan jika diizinkan dilengkapi dengan ornamen yang dipadukan dengan muatan lokal, ternyata banyak diminati pembeli asing," kata Made Netra.

Ia menyebutkan, banyak jenis perabotan rumah tangga berbahan baku bambu yang dikapalkan ke pasaran mancanegara, seperti kursi, lemari, meja, tempat tidur, pembatas ruangan dari bambu diisi dengan anyaman rotan sehingga kelihatan unik dan antik.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali mencatat perolehan devisa khusus dari aneka kerajinan bambu daerah ini naik keras menjadi 13,1 juta dolar AS selama Januari--Juli 2014 jika dibandingkan periode yang sama 2013 hanya 3,4 juta dolar.

Kenaikan perolehan devisa hingga 278 persen hingga pertengahan 2014 ini memang masuk akal, karena pesanan yang datang dari Amerika, Jepang, Australia cukup banyak.

Pusat kerajinan bambu di Desa Blega Gianyar memang kelihatannya sepi kedatangan turis, tetapi para mitra usaha mancanegara yang umumnya sudah pernah datang ke Pulau Dewata memesan barang bernilai seni lewat media maya. (*)

Pewarta: IK Sutika
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014