Makkah (ANTARA News) - Kementerian Agama terus mematangkan persiapan puncak haji atau wukuf di Padang Arafah yang diperkirakan akan jatuh pada 3 September 2014.

Dirjen Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil di Makkah, Selasa, mengatakan pada Senin malam ia telah melakukan pertemuan dengan muasasah atau swasta Arab Saudi yang menangani jamaah dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

"Nanti Kamis juga direncanakan ada pertemuan Sektor (oganisasi daerah kerja Makkah yang menangani beberapa kelompok terbang) dengan maktab (pihak Arab Saudi yang menempatkan jamaah Indonesia di Arafah dan Mina)," kata Dirjen.

Selain itu, juga akan dilakukan simulasi-simulasi mengenai pergerakan jamaah dan penempatan petugas di pos untuk memantau pergerakan jamaah Indonesia.

Oleh karena ini, kata Dirjen, pada pertemuan kemarin malam, ia meminta muasasah memberikan peta penempatan jamaah Indonesia selama di Arafah dan Mina.

Peta yang berisi tempat jamaah Indonesia akan ditempatkan tersebut berguna untuk menempatkan pos-pos yang perlu diisi oleh petugas Indonesia. Ia mengingatkan banyak jamaah yang tidak mengenal medan di Arafah dan Mina sehingga peta dan penempatan petugas menjadi salah satu hal penting.

Ia mengatakan, jamaah akan berangkat ke Arafah pada tanggal 8 Zulhijah atau diperkirakan pada Kamis, 2 Oktober. Sementara wukuf di Arafah diperkirakan pada Jumat, 3 Oktober.

"Sehingga harus diantisipasi karena umat Islam seluruh dunia juga bergerak. Hal itu juga perlu diantisipasi malah transportasi yang akan mengangkut jamaah, kesipatan petugas dan kateringnya," kata Abdul Djamil.

Khusus mengenai katering, Abdul Djamil juga mengatakan, akan dilakukan siapkan dengan pesat. Kemenag telah menyiapkan ahli khusus dalam masalah tataboga. Mereka antara lain akan memeriksa kebersihan dan kesehatan dapur. Selain itu juga makanannya, termasuk jumlah gizi dan beratnya. "Harus terjamin keamanan, kebersihan dan kesehatannya," tegasnya.

Dirjen mengatakan akan berupaya maksimal agar pelaksanaan di Arafah dan Mina bisa berjalan dengan baik, termasuk ibadah para jamaah haji.

Kemarin, Dirjen mengatakan bahwa persiapan puncak haji telah lebih dari 80 persen.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014