Gorontalo (ANTARA News) - Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menggagas pemberian penghargaan dari 34 gubernur seluruh Indonesia kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Penghargaan itu diberikan untuk mengapresiasi kinerja, dedikasi dan pengabdian presiden dua periode itu kepada bangsa dan negara.

Rencana pemberian penghargaan tersebut dibahas dalam rapat kerja APPSI yang dipimpin Ketua APPSI Sahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulsel) usai mengikuti Paripurna HUT Provinsi Sulut di Manado, Selasa.

"Di masa akhir kepemimpinan beliau, kami ingin menghargai jasanya dalam membangun Indonesia. Kami para gubernur ingin berterima kasih atas segala pengabdiannya," kata Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie yang turut dalam pertemuan itu.

Menurut dia, sejumlah agenda penting juga dibahas dalam pertemuan tersebut, diantaranya menyangkut rencana pertemuan dengan presiden terpilih Joko Widodo pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya.

APPSI ingin meminta komitmen serta mendorong rekomendasi para gubenur pada presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-JK, khususnya menyangkut pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Ada empat rekomendasi penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni menyangkut masalah ekonomi di bidnag pangan, energi, infrastruktur dan investasi.

Selain itu, juga membahas bidang manajemen pemeritahan, anti korupsi serta penyerasian Undang-undang.

Turut hadir dalam rapat tersebut Gubernur Sulut, SH Sarundajang, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Jabar Ahmad Heriawan, Gubernur Jatim Sukarwo, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh serta Gubernur Kaltim Awang Faroek. Selain menghadiri rapat APPSI, para gubernur tersebut juga sebelumnya ikut menghadiri Sidang Paripurna HUT ke-50 Provinsi Sulut yang digelar di Grand Kawanua International Centre.

(D015/F003)

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014