Pekanbaru (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada stand Riau Expo 2014 di Purna MTQ Pekanbaru memamerkan seekor penyu hijau (chelonia mydas) berumur 40 tahun dengan berat mencapai lebih 200 kilogram.

"Penyu ini merupakan induk penyu hijau habitat Pulau Jemur," kata Bowo Irawan, penjaga stad tersebut, Selasa.

Ketika pameran itu satwa penyu hijau dipadati pengunjung dari berbagai kalangan masyarakat yang kemudian menjadikan hewan dilindungi itu sebagai objek foto.

Ia mengatakan, Pemkab Rokan Hilir sengaja memamerkan penyu raksasa tersebut untuk menjadi daya tarik pada iven Riau Expo 2014 yang digelar Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Riau.

Riau Expo 2014 dilaksanakan untuk menyambut Hari Jadi Provinsi Riau ke 57, dilaksanakan pada 21 hingga 27 September.

Sejumlah pengunjung kata dia juga akan diberikan pengetahuan tentang keberadaan penyu hijau di perairan Rokan Hilir dan pentingnya menjaga habitat satwa langka tersebut.

"Ini merupakan hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang mulai langka. Pulau Jemur yang berbatasan langsung dengan Malaysia saat ini juga telah ditetapkan sebagai habitat penyu hijau yang akan menjadi tanggung jawab bersama," kata dia.

Pulau Jemur merupakan pulau terluar yang berada di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, dan kini ditetapkan sebagai kawasan konservasi bagi penyu hijau.

Menurut informasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rokan Hilir, saat ini populasi penyu hijau di Pulau Jemur mencapai seratus lebih dan berusia hingga puluhan tahun.

"Bahkan dari kabar yang kami terima, ada penyu hijau yang mencapai 120 tahun," kata Bowo Irawan.

Sejumlah pihak sebelumnya mengkhawatirkan kepunahan hewan yang dilindungi itu setelah terjadi penurunan populasi penyu hijau dalam beberapa tahun terakhir.

Ancaman kepunahan itu akibat maraknya perburuan telur penyu hijau ditambah marakanya perburuan atas hewan tersebut.

Perairan di sekitar Pulau Jemur selama ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan, karena banyaknya ikan bernilai ekonomis tinggi.

Pulau Jemur seluas 250 haktare adalah sebuah pulau yang terletak di Selat Malaka dan berbatasan dengan Malaysia.

Letaknya sekitar 72,4 kilometer dari Ibu Kota Rokan Hilir, Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia.

Pulau ini merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, gugusan sembilan pulau, di antaranya Pulau Jemur, Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau dan pada musim-musim tertentu, penyu-penyu hijau itu naik ke pantai dan bertelur.

"Sekali bertelur penyu itu menyimpan telurnya di bawah lapisan tanah antara 100 sampai 150 butir setiap ekornya. Tapi sayang, karena minimnya fasilitas khususnya transportasi, Pulau Jemur masih sepi pengunjung atau wisatawan," katanya.

(KR-FZR/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014