Makkah (ANTARA News) - Jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan ke Arab Saudi sudah mencapai 127.569 orang atau 82,20 persen dari total kuota haji sebesar 155.200 orang, demikian data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Selasa sampai pukul 19.12 WIB.

Dari jumlah tersebut, 126.302 jamaah sudah tiba di Arab Saudi sementara sisanya 1.267 jamaah  masih dalam perjalanan. Lamanya perjalanan Indonesia ke Arab Saudi adalah 9-10 jam, tergantung embarkasi pemberangkatan.

Seluruh jamaah haji Indonesia dijadwalkan sudah diberangkatkan ke Arab Saudi pada 28 September 2014. Tanggal itu hingga 24.00 waktu setempat juga merupakan akhir kedatangan jamaah haji seluruh dunia ke Bandara Internasional King Abdul Aziz  Jeddah. Puncak haji atau wukuf sendiri diperkirakan akan jatuh pada 3 Oktober atau hari Jumat.

Selain itu, menurut jadwal pada hari ini rombongan terakhir jamaah haji gelombang pertama yang berada di Madinah sudah diberangkatkan ke Makkah. Jamaah haji gelombang pertama yang berangkat 1-14 September, ditempatkan di Madinah terlebih dahulu dan selanjutnya mulai 9 September secara bertahap didberangkatkan ke Makkah.

Hingga Sore waktu setempat masih tersisa empat kloter gelombang pertama yang belum berangkat ke Makkah, sementara 13 kloter dalam perjalanan dari Madinah ke Makkah. Waktu perjalanan Madinah Makkah sekitar enam jam. (*)

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014