Lisabon (ANTARA News/AFP) - Fernando Santos pada Selasa ditunjuk sebagai pelatih baru Portugal, menggantikan rekan senegaranya Paulo Bento.

Santos, yang akan berusia 60 tahun bulan depan, adalah mantan pelatih Yunani, yang dia antarkan ke perempat final Kejuaran Eropa 2012 dan putaran 16 besar Piala Dunia di Brazil.

Santos berhenti dari posisi pelatih Yunani setelah Piala Dunia dan posisinya diambil oleh Claudio Ranieri.

Pertandingan terakhirnya diwarnai dengan kepiluan saat dia diusir dari area garis pelatih oleh wasit asal Australia Ben Williams sebelum adu penalti. Yunani kalah 3-5 dalam adu penalti itu oleh Kosta Rika, yang maju ke perempat final menghadapi Belanda.

Pria Portugal itu juga pernah melatih beberapa klub antara lain Estoril, Estrela da Amadora, Porto, Sporting, dan Benfica di Portugal dan AEK Athens (dua kali), Panathinaikos, dan PAOK di Yunani.

Target pertamanya adalah membantu Portugal lolos ke Kejuaraan Eropa 2016 di Prancis. Portugal menelan kekalahan 0-1 di kandang pada pertandingan pertama kualifikasi oleh Albania - sebuah hasil yang membuat Bento berhenti dengan persetujuan bersama.

Pertandingan mendatang untuk Portugal adalah melawan Prancis pada 11 Oktober dalam pertandingan persahabatan, dan melawan Denmark tiga hari kemudian.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014