Semarang (ANTARA News) - Bank Central Asia menyalurkan bantuan beasiswa sebesar Rp4,1 miliar untuk 16 perguruan tinggi negeri di Indonesia, kata Kepala BCA Kantor Cabang Utama Semarang Daniel Gunawan.

"Total beasiswa tersebut meningkat dari tahun lalu yang hanya sebesar RP4 miliar dan 2012 sebesar Rp1 miliar," ujarnya di Semarang, Selasa.

Untuk di Kota Semarang ini bantuan beasiswa diberikan kepada sejumlah mahasiwa yang menuntut ilmu di Universitas Diponegoro.

Khusus untuk Undip, total beasiswa yang diberikan pada tahun ini mencapai Rp500 juta. Pihaknya berharap beasiswa tersebut bisa membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan akademik yang dimiliki.

"Pemberian beasiswa merupakan bagian dari komitmen BCA untuk kemajuan dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik. Langkah ini merupakan dorongan yang positif terhadap para pelaku dunia pendidikan agar semua generasi muda di Indonesia dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas," jelasnya.

Daniel mengatakan, beasiswa dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi yang membutuhkan dukungan finansial untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

"Mahasiswa berprestasi memiliki potensi yang harus didukung pengembangannya, terutama dalam menghadapi persaingan yang ada seperti penerapan Masyarakat Ekonomi Asean ke depan," jelasnya.

Menurutnya, tantangan yang harus dihadapi oleh generasi muda ke depan semakin ketat, persaingan tidak hanya antara generasi muda lokal tetapi juga internasional. Oleh karena itu, BCA merasa perlu memberikan peran untuk mendukung kesiapan generasi muda di Indonesia.

Sementara itu, Pembantu Rektor III Undip Warsito mengungkapkan terima kasihnya atas penyaluran beasiswa tersebut. Menurutnya, perguruan tinggi negeri saat ini diwajibkan untuk memberikan beasiswa minimal kepada 20 persen mahasiswanya.

"Bantuan dari perusahaan maupun lembaga ini kami pandang penting untuk ikut menyukseskan program Pemerintah ini. BCA sendiri merupakan satu dari 32 perusahaan dan lembaga yang bekerja sama dengan Undip dalam rangka penyaluran bantuan beasiswa," ujarnya.

Pihaknya memastikan, mahasiswa yang memperoleh bantuan beasiswa dari BCA adalah mereka yang memiliki tes kemampuan akademik lebih baik dibandingkan mahasiswa lain.

"Kami sudah melakukan seleksi terbuka kepada para mahasiswa, syarat yang harus mereka penuhi untuk bisa memperoleh beasiswa ini di antaranya memiliki IPK minimal 3 dan mampu memperlihatkan softskill melalui keikutsertaan mereka pada organisasi kemahasiswaan," ujarnya.

(U.KR-AWA/N002)

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014