Kejadian baru dilaporkan setelah api membesar, apalagi banyak angin yang membuat api sulit padam
Jakarta (ANTARA News) - Kebakaran yang melanda pemukiman penduduk RT 14 dan 15 RW 5 Kelurahan Cipinang Besar Utara, diduga berasal dari kantin pekerja Apartemen Bassura City, Cipinang, Jakarta Timur.

"Saya pastikan api bersumber dari kantin di belakang proyek itu mungkin dari kompor atau listrik," kata Kepala Seksi Operasi Sektor 9 Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Timur Mujiono di lokasi kebakaran, Rabu.

Mujiono menyesalkan kejadian tersebut baru dilaporkan setelah api membesar sehingga sudah menyebar ke pemukiman warga berjarak 30 meter dari sumber api.

"Kejadian baru dilaporkan setelah api membesar, apalagi banyak angin yang membuat api sulit padam," katanya.

Mujiono mengatakan musibah kebakaran yang terjadi sejak pukul 10 pagi itu menghanguskan puluhan bedeng pekerja proyek Apartemen Bassura City, sebuah mobil Avanza, sebuah motor dan belasan rumah warga di ujung gang Prumpung Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

Kebakaran yang terjadi di belakang proyek tersebut juga melukai tiga pekerja apartemen.

"Dari data kami ada yang terluka tapi tidak ada yang tewas," kata Mujiono.

Ia menambahkan untuk memadamkan api di kawasan padat penduduk tersebut memerlukan waktu dua jam dengan bantuan 27 unit mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur dan 10 unit dari Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara dan Selatan.

Pada pukul 14.30 Wib pemadam kebakaran baru meninggalkan lokasi untuk memastikan seluruh titik api telah dipadamkan total.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014