Pontianak (ANTARA News) - Petinju Kalimantan Barat asal Kabupaten Kayong Utara, Ki Chang Kim, siap bertarung di kelas terbang Junior World Boxing Association (WBA) Asia di Bangkok, Thailand, pada 4 Oktober mendatang.

"Kim akan bertemu petinju asal Jepang di kejuaraan tersebut," kata pelatih Ki Chang Kim, Damianus Jordan di Pontianak, Rabu.

Ki Chang Kim atau Kim, panggilan akrabnya, merupakan pemegang sabuk juara nasional kelas terbang 50,8 kilogram.

Lawan Kim merupakan salah satu petinju yang masuk 10 besar peringkat dunia untuk kelas ringan junior.

"Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Kalbar agar Kim dapat memenangkan pertandingan tersebut," ujar dia.

Mengenai kesiapan Kim, Damianus mengatakan telah melakukan persiapan secara intensif agar memenangkan pertandingan tersebut.

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya menyambut baik dan mendukung penuh Kim. "Semoga Kim dapat memenangkan pertandingan sehingga Kim dapat mengharumkan nama daerah diajang internasional. Kelak akan menjadi kader bagi petinju lain yang ada di Kalbar," katanya.

Ia menambahkan, pembinaan terhadap atlet tidak saja hanya dari pemerintah, peran dari masyarakat pun sangat diharapkan.

"Kalau dari pemerintah hanya dapat mendukung sesuai dengan kondisi yang dimiliki, sebab para atlet yang dibina tidak hanya pada satu cabang saja bahkan banyak cabang-cabang lain yang harus juga diperhatikan," kata Christiandy Sanjaya. Ia berharap, pihak perusahaan hendaknya juga berperan aktif bahkan bersedia menjadi bapak angkat bagi para atlet-atlet yang sangat berpotensi tersebut.

Sebelum menuju Bangkok, Kim dan Damianus sempat bertemu wagub Kalbar Christiandy Sanjaya untuk meminta dukungan.

Pemprov Kalbar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan lima pasang sarung tinju untuk sasana yang dibina oleh Damianus Jordan.

Pewarta: Teguh I Wibowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014