London (ANTARA News) - Pebalap remaja dari Belanda Max Verstappen amat berbakat sehingga dapat dibandingkan dengan mendiang Ayrton Senna, kata konsultan tim F1 Red Bull, Helmut Marko.

Verstappen, yang akan berusia 17 tahun minggu depan, akan menjadi pebalap termuda di balik kokpit mobil Formula Satu pada 2015, saat ia turun membalap melakukan debutnya di bawah payung tim Toro Rosso, mitra tim Red Bull.

Putra mantan pebalap F1 Jos Verstappen itu melakukan tes pertama di atas mobil 2012 pada bulan ini dan akan ambil bagian pada latihan Jumat di Grand Prix Jepang bulan depan.

Penandatanganan kontrak pebalap belia itu menjadi kontroversial, tapi Marko, yang dekat dengan pemilik Red Bull Dietrich Mateschitz dan amat berpengaruh sebagai pemandu bakat pada masa lalu, mengatakan bahwa Verstappen sudah siap.

"Ia merupakan pengecualian karena memiliki bakat hebat dan bakat seperti ini umumnya hanya muncul sekali dalam satu dekade," kata lelaki Austria itu seperti dimuat dalam laman formula1.com, Rabu.

Ketika ditanya kepada siapa ia dapat diperbandingan, Marko menyebutkan salah seorang pebalap juara dunia tiga kali, yang terhebat dari pebalap lainnya.

"Ia seperti Ayrton Senna. Dan dalam kasus ini jangan dilihat dari usianya," katanya.

"Ia sudah berbicara dengan beberapa orang ahli ketika ia datang ke pusat pengembangan pebalap muda dan mereka semua mengatakan bahwa dalam hal pemikirkan ia seperti orang berusia 22 tahun ketimbang 16 tahun," katanya.

"Ia sudah membalap sejak ia berusia empat tahun -- amat profesional. Jadi kami berharap ia dapat tampil amat kompetitif sejak awal balapnya," katanya.

"Kami bukan bermain lotere -- kami tahu apa yang kami lakukan. Kesuksesannya nanti akan membuktikan apa yang kami katakan," kata Marko.

Rekan setim Verstappe pada 2015 adalah pebalap berusia 20 tahun dari Rusia, Daniil Kvyat, yang musim ini menjadi pebalap termuda yang meraih poin.

Pebalap berbakat lainnya yang berasal dari program junior Red Bull termasuk juara dunia empat kali Sebastian Vettel dan rekan setimnya saat ini, Daniel Ricciardo dari Australian.

Verstappen saat ini sedang mengikuti kejuaraan Formula 3 Eropa sebanyak 11 putaran untuk musim 2014, demikian Reuters.

(Uu.A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014