Tangerang (ANTARA News) - Plt Gubernur Banten Rano Karno mengatakan pemilihan kepala daerah melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan mengecewakan hati rakyat.

"Jika dilihat dari proses pemilihan kepala daerah selama ini, masyarakat sangat antusias dan pemilihan langsung adalah pilihan terbaik," kata Rano Karno usai peresmian hotel di Kota Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan dilaksanakannya pemilihan langsung merupakan keinginan masyarakat saat peristiwa tahun 1998. Sehingga, pelaksanaan pilkada langsung adalah bagian dari reformasi.

Tetapi, bila proses pemilihan kepala daerah kembali dilaksanakan melalui DPRD, Rano beranggapan hal itu bagian dari kemunduran.

Meskipun diakuinya bila Koalisi Merah Putih lebih besar dibandingkan dengan partai politik yang mendukung dilaksanakannya pilkada secara langsung.

"Kalo dilihat hitungan, Koalisi Merah Putih memang lebih berpeluang. Tetapi, PDI Perjuangan mendapat dukungan dari masyarakat yang ingin dilaksanakannya pilkada secara langsung," paparnya.

Jika nantinya pembahasan RUU Pilkada menemukan hasil yang bertolak belakang dengan keinginan yang direncanakan PDI Perjuangan dan partai politik lainnya untuk pilkada langsung, akan dilakukan berbagai upaya.

"Pasti akan ada langkah lainnya sebab pilkada langsung adalah cara terbaik dan tidak perlu diubah namun hanya dilakukan perbaikan dari kesalahan yang telah terjadi," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014