Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Motors secara spesial menyematkan dua teknologi pada Sport Utility MPV Delica, "Auto Stop & Go" dan "Cruise control", fitur yang belum pernah ada pada kendaraan-kendaraan Mitsubishi lainnya yang beredar di Indonesia.

Ini mungkin yang pertama di Indonesia, MPV yang dilengkapi Auto Stop & Go, karena sistem itu biasanya ada pada mobil-mobil hybrid atau sedan tertentu.

Guntur Harling, Head of Product Planning Department di PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, memaparkan mengenai teknologi itu di hadapan wartawan pada Rabu (23/09) di arena IIMS 2014.

Menurut Guntur, fitur Auto Stop & Go disertakan untuk membantu pengendara mengoptimalkan konsumsi bahan bakar pada Mitsubishi Delica, sedangkan Cruise contol untuk mengoptimalkan kenyamanan dalam berkendara.

Seperti dikupas di berbagai tempat, sistem Auto Stop & Go memang efektif untuk menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan karena mesin akan mati otomatis ketika berhenti di jalanan yang macet.

Kemudian, akan secara otomatis menyala kembali ketika pengendara menginjak pedal gas dalam beberapa detik.

Ketika pedal rem diinjak, sampai kendaraan berhenti, dan dalam beberapa detik selanjutnya mesin akan mati (off), jelas pada saat itu tidak ada bahan bakar yang terpakai maupun gas buang yang keluar.

Di situlah konsumsi bahan bakar akan lebih hemat. Untuk menjalankan mobil kembali, pengendara cukup menginjak pedal gas dan kendaraan akan berjalan secara normal.

"Bagaimanapun, kendaraan dengan Auto Stop & Go akan lebih hemat bahan bakar dibanding kendaraan (sekelas) yang tanpa itu," kata Kosei Tamaki, Executive General Manager KTB.

Sementara fitur Cruise control akan menambah kenyamanan karena memungkinkan untuk berkendara pada kecepatan stabil (40-100km per jam) tanpa harus selalu menginjak pedal gas.

Dengan berkendara pada kecepatan stabil, menurut Guntur, bahan bakar yang terpakai juga akan lebih hemat, selain juga nyaman.

Selain dua teknologi itu, Mitsubishi juga menambahkan fitur Hill Start Assist pada MPV berkemampuan SUV, Mitsubishi Delica.

Hill Start Assist akan semakin meningkatkan kenyamanan Delica. Fitur pintar ini akan otomatis menahan kendaraan selama beberapa detik saat pedal rem dilepas di jalan menanjak.

"Teknologi yang membantu Anda berkendara dengan lebih aman dan nyaman," kata Guntur.

Performa dan safety

Mitsubishi Delica, yang berkapasitas 7 tempat duduk dengan kabin begitu lega, performanya didukung dengan mesin bensin tipe 4J11 (2.0L) S4 MPI S-MIVEC AS&G, pengembangan dari mesin Outlander 4B11 16 Valve MIVEC DOHC.

Tipe mesin tersebut menghasilkan power maksimum 150 PS (110kW) pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 191 Nm pada 4.300 rpm.

Transmisi Delica menggunakan CVT INVECS III 6-percepatan dan dibantu dengan kontrol Paddle shift untuk melengkapi kenyamanan.

Mengenai suspensi, Mitsubishi memasangkan MacPherson strut coil spring dengan stabilizer pada kaki-kaki depan Delica, sedangkan belakang menggunakan Multi-link juga dengan stabilizer.

Pada sisi safety (keamanan), Delica dilengkapi SRS aribag di depan kursi kemudi dan penumpang depan berikut pada bagian kaki untuk meningkatkan keamanan.

Delica, yang tersedia dalam empat pilihan warna; diamond black mica, eiger gray metallic, warm white pearl, dan cool silver metallic, memiliki ground clearance tertinggi pada kelasnya, 190mm, dengan ruang kabin yang lapang.

Mitsubishi Delica dipasarkan seharga Rp409 juta on the road untuk wilayah Jakarta dan sampai Selasa (23/09) di IIMS 2014 sudah dipesan 32 unit oleh pengunjung.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014