Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Kamis (Jumat pagi WIB), didorong oleh penurunan tajam di pasar saham AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 2,4 dolar AS, atau 0,2 persen, menjadi menetap di 1.221,9 dolar per ounce, lapor Xinhua.

Emas naik karena pasar saham AS turun tajam setelah sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS pada Kamis menunjukkan pesanan barang tahan lama menurun pada Agustus setelah mencatat bulan yang baik pada Juli.

Pesanan pabrik baru untuk barang-barang tahan lama jatuh 18,2 persen secara bulanan pada Agustus, lebih buruk dari yang diperkirakan.

Laporan lain yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada hari yang sama menambah dukungan untuk emas. Laporan menunjukkan bahwa klaim tunjangan pengangguran di AS meningkat sebesar 12.000 ke penyesuaian secara musiman 293.000 untuk pekan yang berakhir 20 September.

Perak untuk pengiriman Desember turun 26,4 sen, atau 1,49 persen, menjadi ditutup pada 17,438 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan 5,2 dolar AS, atau 0,39 persen, menjadi ditutup pada 1.314,2 dolar AS per ounce.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014