PBB (ANTARA News) - Program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk HIV/AIDS (United Nations Program on HIV/AIDS/UNAIDS) menunjuk perancang busana dan mantan anggota Spice Girl, Victoria Beckham, menjadi duta (Goodwill Ambassador).

Beckham, yang mengaku terinspirasi membantu setelah kunjungan yang mengubah hidup ke klinik HIV di Afrika Selatan, akan fokus bekerja untuk memastikan semua anak dilahirkan bebas dari HIV dan bahwa anak-anak dan perempuan yang hidup dengan dan terdampak HIV memiliki akses ke obat dan perawatan.

"Usia 40 tahun menyadarkan saya bahwa saya punya tanggung jawab sebagai seorang perempuan, sebagai seorang ibu, saya punya suara yang akan didengarkan orang-orang," katanya dalam konferensi pers di sela sidang Majelis Umum PBB.

"Saya tidak akan duduk di sini dan berpura-pura tahu segalanya saat ini, saya akan belajar," kata Beckham seperti dikutip kantor berita Reuters.

Ia berencana melakukan kunjungan untuk belajar lebih banyak tentang masalah ini dan bagaimana dia bisa membantu.

Menurut UNAIDS, Sub-Sahara Afrika adalah wilayah yang paling parah terdampak HIV dengan 24,7 juta orang dengan HIV-positif tahun 2013 dan 58 persen di antaranya perempuan.

Kawasan tersebut juga merupakan rumah bagi 85 persen perempuan hamil dengan HIV menurut UNAIDS.

Bulan lalu Beckham melelang 600 potong pakaian, termasuk beberapa gaun malam, untuk mengumpulkan dana dan meningkatkan kesadaran tentang ibu yang hidup dengan HIV di sub-Sahara Afrika.

Pada tahun 2013, UNAIDS mengatakan bahwa sepertiga dari perempuan hamil yang hidup dengan HIV tidak memiliki akses untuk mendapatkan obat yang bisa menyelamatkan jiwa dan sekitar 240.000 anak-anak terinfeksi HIV.

Namun dalam lima tahun terakhir akses untuk mendapatkan obat-obatan antiretroviral bagi ibu hamil dengan HIV membantu 900.000 anak lahir tanpa HIV.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014