Tangerang (ANTARA News) - Plt Gubernur Banten Rano Karno meminta kepada pengelola hotel untuk menggunakan atribut dengan ciri khas Banten dalam rangka mengenalkan budaya daerah minimal sebulan sekali.

"Minimal sebulan sekali, pegawai hotel atau apartemen menggunakan pakaian dengan ciri khas Banten seperti Lebak. Sehingga, budaya Banten akan tetap terjaga dan dilestarikan serta perkenalkan," kata Rano Karno.

Rano menuturkan, penggunaan batik oleh pegawai Pemda setiap Kamis dan Jumat, telah membawa dampak yang baik. Masyarakat tidak hanya menggunakan batik saat acara resmi saja tetapi juga dapat dipakai untuk pakaian kerja.

Oleh karena itu, lanjutnya, bila seluruh hotel di Banten menggunakan pakaian adat, maka akan diikuti oleh warga lainnya dan menjadi kebanggaan.

"Masih banyak warga Banten belum mengetahui pakaian budaya wilayahnya. Maka itu, harus dimulai agar warga juga ikut terbawa arus," paparnya.

Rano juga menuturkan, hotel sebagai tempat singgah orang dari dalam maupun luar negeri, sangat bagus untuk memperkenalkan budaya daerah.

"Ketika ada tamu dari luar negeri, maka hotel itu bisa berfungsi sebagai penyedia jasa tempat tinggal dan ikut memperkenalkan budaya daerah," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014