Daerah harus mempunyai daya saing yang kuat dalam menghadapi MEA mendatang,"
Medan (ANTARA News) - Menteri Perindustrian MS Hidayat meminta agar pengusaha anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) lebih berperan membangun daerah untuk siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Daerah harus mempunyai daya saing yang kuat dalam menghadapi MEA mendatang," katanya dalam sambutan dibacakan staf khusus Kementerian Perindustrian Darul Siska di Medan, Jumat.

Dia mengatakan itu dalam pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Hipmi Sumut ke- XV dengan agenda memilih kepengurusan baru Hipmi 2014-2017 dimana tampil dua kandidat yakni Akbar Buchori dan Dian Arry Permana Harahap.

Menurut menteri, Musda Hipmi dianggap sebagai perhelatan yang sangat penting karena akan mengupayakan koordinasi dan konsolidasi organisasi dalam rangka pembangunan bangsa untuk kepentingan pembangunan ekonomi dari hulu sampai hilir.

Dia menegaskan, peran Hipmi harus menjadi lebih baik dan memiliki kinerja semakin optimal bagi pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian yang berfungsi membina industri.

Hipmi yang merupakan organisasi besar diharapkan berperan aktif dalam membahas hal-hal yang berkaitan dengan industri.

"Untuk itu, saya minta peran aktif agar Hipmi selalu memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara," katanya.

Hipmi di masa yang akan datang harus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi agar mempunyai daya saing yang kuat khususnya dalam MEA yang akan segera berlangsung.

Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho juga mengharapkan agar anggota Hipmi berperan besar khususnya di pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru seperti di kawasan Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro).

Mebidangro merupakan kawasan mega politan di Indonesia bagian barat memerlukan dukungan kuat dan akan menguntungkan pengusaha.

"Hipmi diharapkan bisa meningkatkan kemitraan dengan pemerintah provinsi, kota/kabupaten," katanya.

Ketua BPD Hipmi Sumut Firsal Ferial Mutyara menuturkan persaingan ekonomi memang semakin ketat, tetapi Sumut masih memiliki peluang besar dalam memajukan ekonomi Indonesia sehingga harus dimanfaatkan anggota Hipmi.

"Diharapkan ketua Hipmi mendatang akan bisa membawa asosiasi dan anggota lebih maju dan semakin berperan besar dalam pembangunan," katanya.

(E016/R010)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014